Kamis, 29 Juli 2021 05:39

Panji Agung dan Galuh Diah Wakili Kota Kediri Dalam Ajang Raka-Raki Provinsi Jawa Timur

Senin, 14 Juni 2021 13:28 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Panji Agung dan Galuh Diah Wakili Kota Kediri Dalam Ajang Raka-Raki Provinsi Jawa Timur
Panji Agung Aprilianto dan Galuh Diah Ayu Candra Kirana. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemilihan Duta Wisata Raka-Raki Provinsi Jawa Timur kembali digelar. Tidak ketinggalan, Kota Kediri juga mengirimkan putra-putri terbaiknya dari Ikatan Duta Wisata Panji-Galuh Kota Kediri. Mereka adalah Panji Agung Aprilianto dan Galuh Diah Ayu Candra Kirana.

Agung mengaku, saat ini ia tengah melakukan persiapan-persiapan menuju kompetisi puncak yang rencananya akan dilaksanakan pada 3 Juli 2021 mendatang di Graha Unesa Surabaya.

"Ada banyak latihan latihan yang harus saya siapkan di ajang ini, antara lain seperti bahasa Inggris, debat diskusi, latihan persiapan bakat, atau workout guna menjaga badan tetap fit," kata Agung, Senin (14/6).

Semua pembekalan ia persiapkan dengan matang untuk mencapai hasil yang maksimal. "Semua pembekalan yang disiapkan memang harus benar-benar matang, mulai dari kursus bahasa Inggris, olah raga, menghafal wisata unggulan, dan menguasai seluruh progam pemerintah. Dan Insya allah kami siapkan untuk melangkah ke Raka Raki 2021," imbuh Agung.

BACA JUGA : 

Kilas Balik Sejarah Hari Jadi Kota Kediri ke-1142, Pemkot Pamerkan Foto Tempoe Doeloe

Dukung Percepatan Herd Immunity, Wali Kota Kediri Apresiasi Vaksinasi BI dan OJK Kediri

Hari Jadi Kota Kediri ke-1142 Digelar Secara Virtual, Sandiaga Uno Beri Kado Istimewa

Peduli Warga Isoman, Relawan Penyintas Covid-19 Kediri Bagikan Ratusan Nasi Kotak

Hal senada juga dikatakan oleh Diah Ayu Candra Kirana. Ia mengatakan bahwa persiapan-persiapan intens sedang ia lakukan untuk meraih hasil yang diharapkan. Baik Diah maupun Agung membawa sebuah misi dalam mengikuti ajang ini.

"Kota Kediri merupakan kota yang sangat berkarakter. saya ingin memperkenalkan lebih luas tentang Wastra Kediri yaitu Tenun Ikat Bandar. Karena Tentun Ikat Bandar merupakan peluang besar untuk meningkatkan sektor perekonomian daerah," ungkap Diah.

Dalam industri tersebut banyak warga Kota Kediri yang terlibat di dalamnya. Karena itu, dia berkeinginan untuk mengembangkan Industri Tenun Kota Kediri agar masyarakat dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

"Setidaknya seluruh Jawa Timur mengetahui bahwa Kota Kediri memiliki potensi wastra lokal yang kualitasnya tidak main-main," imbuh wanita yang saat ini sedang menempuh gelar sarjana hukumnya.

Adapun rangkaian pemilihan Duta Wisata Raka-Raki Jawa Timur 2021 ini telah dimulai sejak Sabtu, (12/6/2021) berupa technical meeting (TM) yang diselenggarakan di Graha Wisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

Menurut pengakuan Agung, TM tersebut membahas menyoal apa saja yang harus disiapkan oleh setiap peserta. "Sewaktu TM yang dibahas mengenai seluruh rangkaian kegiatan pemilihan, mulai dari pra karantina, karantina, grand final, dan kriteria penilaian," tandasnya.

"Selain itu, kita juga melakukan photoshoot, videoshoot, dan screening bakat pada TM kemarin," imbuh Diah.

Dalam kesempatan tersebut, baik Diah maupun Agung berkesempatan mengenakan busana dari salah satu produk UKM Kota Kediri, Batik Numasa dengan sentuhan desain produksi baju dari UKM fashion Aileen House.

"Kami berharap dapat mengharumkan nama Kota Kediri melalui ajang ini, at least bisa membawa pulang salah satu gelar untuk Kota Kediri," ujar Agung.

"Selain itu, kami juga berharap semoga dengan ini kearifan lokal dan UKM Kota Kediri dapat semakin dikenal luas, terutama UKM batik dan tenunnya," timpal Diah.

Sementara itu, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kota Kediri selalu mendukung kiprah para pemuda-pemudi di Kota Kediri untuk berlaga utamanya membawa nama baik Kota Kediri.

"Tentu saja, support dan doa terbaik kita selalu berikan kepada putra-putri daerah yang berlaga untuk ajang apapun itu, termasuk pemilihan Duta Wisata Provinsi Jawa Timur, Raka-Raki 2021 ini," ujar Nur Muhyar, Kepala Disbudparpora Kota Kediri, Senin (14/6).

Adapun pemilihan Raka-Raki 2021 ini diikuti oleh 34 kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Timur, termasuk Kota Kediri. Masing-masing mengirimkan satu pasang duta wisata terbaik dari daerahnya. (uji/rev)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...