Bina Ketahanan Pangan, Kodim 0816 Sidoarjo Buat Percontohan Penanaman Padi

Bina Ketahanan Pangan, Kodim 0816 Sidoarjo Buat Percontohan Penanaman Padi PILOT PROJECT: Personel Kodim 0816 Sidoarjo meninjau percontohan penanaman padi di Desa Rejeni Krembung, Selasa (15/6/2021). foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kodim 0816 Sidoarjo membuat percontohan penanaman padi di lahan seluas 2,1 hektare di , Kecamatan Krembung. Lahan sawah percontohan ini dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan tahun 2021.

Bintara Tinggi Staf Teritorial Kodim 0816 Sidoarjo, Serma Sutrisno menyatakan, dalam hal melakukan pendampingan terhadap petani, Kodim 0816 Sidoarjo telah membuat model (pilot project/percontohan) penanaman padi di lahan seluas 2,1 hektare di , Kecamatan Krembung.

"Direncanakan panen dalam minggu-minggu ini," cetus Serma Sutrisno saat meninjau sawah percontohan ini, Selasa (15/6/2021).

Kata Serma Sutrisno, percontohan penanaman padi dengan tujuan pembinaan ketahanan pangan oleh Kodim 0816 Sidoarjo itu, di antaranya untuk membantu program pemerintah guna meningkatkan pencapaian hak atas pangan, meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan daerah, serta meningkatkan kesejahteraan petani.

Selain itu juga untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta meningkatkan perekonomian agar tersedianya logistik wilayah sesuai dengan kearifan lokal untuk kepentingan pertahanan negara.

Dijelaskan Sutrisno, selain tanaman padi, Kodim 0816 Sidoarjo juga telah membuat tanaman pangan seperti halnya tanaman sayur mayur dengan mengunakan metode hidroponik dan tanaman sayur mayur dalam polybag (kantong plastik).

"Hal ini untuk memberikan gambaran bahwa di tengah pandemi Covid-19, masyarakat harus benar-benar mampu mengoptimalkan lahan yang dimilikinya untuk ketahanan pangan secara mandiri," urai Sutrisno.

Di sisi lain, Kodim 0816 Sidoarjo juga melakukan pemantauan terhadap para petani yang akan melaksanakan panen padi di wilayah Kecamatan Krembung.

Upaya ini dilakukan untuk memastikan bahwa panen padi yang akan dilakukan pada bulan Juni 2021 di berbagai wilayah Kabupaten Sidoarjo, benar-benar aman dari berbagai serangan hama dan mampu memenuhi kebutuhan stok beras di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Berbagai upaya khusus yang dilakukan oleh para Babinsa di wilayah dalam melakukan pendampingan terhadap petani diharapkan mampu meningkatkan ketahanan pangan secara terus menerus, terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda hampir di seluruh belahan dunia sehingga kebutuhan pangan tentunya bakal semakin meningkat. (sta/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO