Senin, 02 Agustus 2021 22:24

Bina Ketahanan Pangan, Kodim 0816 Sidoarjo Buat Percontohan Penanaman Padi

Rabu, 16 Juni 2021 00:17 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Bina Ketahanan Pangan, Kodim 0816 Sidoarjo Buat Percontohan Penanaman Padi
PILOT PROJECT: Personel Kodim 0816 Sidoarjo meninjau percontohan penanaman padi di Desa Rejeni Krembung, Selasa (15/6/2021). foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kodim 0816 Sidoarjo membuat percontohan penanaman padi di lahan seluas 2,1 hektare di Desa Rejeni, Kecamatan Krembung. Lahan sawah percontohan ini dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan tahun 2021.

Bintara Tinggi Staf Teritorial Kodim 0816 Sidoarjo, Serma Sutrisno menyatakan, dalam hal melakukan pendampingan terhadap petani, Kodim 0816 Sidoarjo telah membuat model (pilot project/percontohan) penanaman padi di lahan seluas 2,1 hektare di Desa Rejeni, Kecamatan Krembung.

"Direncanakan panen dalam minggu-minggu ini," cetus Serma Sutrisno saat meninjau sawah percontohan ini, Selasa (15/6/2021).

Kata Serma Sutrisno, percontohan penanaman padi dengan tujuan pembinaan ketahanan pangan oleh Kodim 0816 Sidoarjo itu, di antaranya untuk membantu program pemerintah guna meningkatkan pencapaian hak atas pangan, meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan daerah, serta meningkatkan kesejahteraan petani.

BACA JUGA : 

Dilengkapi Dapur Jamu, Dandim Sidoarjo Apresiasi Kampung Tangguh di Krian

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Kodim Sidoarjo Gelar Karya Bhakti TNI di Desa Sidorejo Krian

PPKM Darurat, Sidoarjo Masuk Level 4, Ini Tindakan Tegas yang Bakal Dilakukan

Kodim 0816 Sidoarjo Bersinergi Sukseskan Vaksinasi Nasional TNI-Polri

Selain itu juga untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta meningkatkan perekonomian agar tersedianya logistik wilayah sesuai dengan kearifan lokal untuk kepentingan pertahanan negara.

Dijelaskan Sutrisno, selain tanaman padi, Kodim 0816 Sidoarjo juga telah membuat tanaman pangan seperti halnya tanaman sayur mayur dengan mengunakan metode hidroponik dan tanaman sayur mayur dalam polybag (kantong plastik).

"Hal ini untuk memberikan gambaran bahwa di tengah pandemi Covid-19, masyarakat harus benar-benar mampu mengoptimalkan lahan yang dimilikinya untuk ketahanan pangan secara mandiri," urai Sutrisno.

Di sisi lain, Kodim 0816 Sidoarjo juga melakukan pemantauan terhadap para petani yang akan melaksanakan panen padi di wilayah Kecamatan Krembung.

Upaya ini dilakukan untuk memastikan bahwa panen padi yang akan dilakukan pada bulan Juni 2021 di berbagai wilayah Kabupaten Sidoarjo, benar-benar aman dari berbagai serangan hama dan mampu memenuhi kebutuhan stok beras di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Berbagai upaya khusus yang dilakukan oleh para Babinsa di wilayah dalam melakukan pendampingan terhadap petani diharapkan mampu meningkatkan ketahanan pangan secara terus menerus, terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda hampir di seluruh belahan dunia sehingga kebutuhan pangan tentunya bakal semakin meningkat. (sta/ian)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Senin, 02 Agustus 2021 11:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...