Senin, 02 Agustus 2021 21:22

Pengisian Sekda Gresik Tunggu Izin Mendagri, Bagaimana dengan Andhy Hendro? Ini Penjelasan Pj Sekda

Rabu, 23 Juni 2021 08:34 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Syuhud
Pengisian Sekda Gresik Tunggu Izin Mendagri, Bagaimana dengan Andhy Hendro? Ini Penjelasan Pj Sekda
Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno. foto: syuhud/ bangsaonline.com

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) dan Wakilnya Aminatun Habibah (Bu Min) dilantik Gubernur Jatim pada 26 Februari 2021.

Namun, sejauh ini orang nomor satu dan dua di Pemkab Gresik ini belum bisa mengisi kekosongan jabatan definitif, baik sekretaris daerah (sekda), maupun jabatan lain yang ditinggal pensiun. Alasannya, pengisian jabatan dimaksud masih menunggu izin Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Hal ini diungkapkan Pj. Sekda Gresik Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno di sela-sela menghadiri pencanangan introduksi imunisasi Pneumokokus Konyugasi atau PCV tahun 2021, di Pendopo Kabupaten Gresik.

"Untuk pengisian jabatan-jabatan kosong tersebut kami masih menunggu izin dari Mendagri, " ucap Abimanyu kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (22/6/2021).

BACA JUGA : 

Paripurna DPRD Gresik Setujui 6 Raperda Untuk Disahkan Menjadi Perda

Peduli Masyarakat Terdampak, Korpri Gresik Serahkan Bantuan 15 Ton Beras

Percepat Vaksinasi Covid-19, Bupati Gus Yani Kukuhkan 136 Relawan Nakes Gresik Tangguh

Bupati Gus Yani Tunjuk Sekcam Kebomas Jadi Plt. Camat Gresik

Abimanyu menegaskan, untuk pengisian jabatan sekda, masih menunggu izin lelang yang telah diajukan ke Mendagri. "Jadi, setelah ada izin segera kita lakukan lelang untuk pengisian jabatan tinggi pratama (JTP) sekda," tegas Abimanyu.

Bagaimana dengan Sekda Non Aktif Andhy Hendro Wijaya (AHW) yang diputus bebas oleh Mahkamah Agung (MA) dalam perkara dugaan korupsi insentif pajak di Badan Pendapatan Pengelolaan Keungan dan Aset Daerah (BPPKAD) Gresik?

Abimanyu mengungkapkan, sejauh ini pihaknya belum menerima salinan putusan dari institusi terkait. Namun, Abimanyu mengaku telah menerima petikan dari pihak AHW.

Namun setelah dipelajari, kata Abimanyu, dalam petikan amar putusan tersebut tak ada perintah untuk mengembalikan AHW ke jabatan sekda. "Hanya perintahnya dikembalikan ke JTP. Nah, JTP itu kan bisa di eselon II B. Nanti semua tergantung Pak Bupati," bebernya.

Ambimanyu lebih jauh menjelaskan, pengisian jabatan Sekda Gresik berbeda dengan Sekkota Pasuruan dan Sekda Kabupaten Lamongan yang ditinggal pensiun atau menjadi kepala daerah. "Di Gresik kasusnya beda, karena sebelumnya ada kasus hukum," tuturnya.

Abimanyu juga menjelaskan mekanisme pengisian JTP eselon IIB yang telah dan bakal ditinggal pensiun. Untuk jabatan eselon IIB yang ditinggal pensiun adalah BPPKAD dan Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Dan dalam waktu dekat Dinas Pendidikan (Dispendik) serta sejumlah jabatan lain juga bakal kosong.

"Untuk pengisian jabatan kosong tersebut bisa melalui rotasi (rolling) pejabat dengan eselon sama atau lelang. Semua hak prerogatif Pak Bupati. Termasuk pengisian jabatan 3 staf ahli bupati yang kosong," jelasnya.

Ia menambahkan, pengisian jabatan kosong tersebut tak perlu menunggu waktu 6 bulan setelah bupati dan wabup dilantik. Sebab, saat pandemi Covid-19 masyarakat membutuhkan percepatan pelayanan. "Semua yang kosong segera kami isi, setelah izin Mendagri turun," katanya.

Abimanyu mengingatkan kepada semua aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkab Gresik bahwa jabatan itu bukan hak ASN. Tapi, reward atau hadiah yang diberikan oleh pimpinan kepada ASN atas prestasi yang dicapai.

"Jadi, hak ASN itu seperti gaji, tapi kalau jabatan itu hadiah dari pimpinan atas prestasi ASN," pungkasnya. (hud)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Senin, 02 Agustus 2021 11:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...