Ratusan Konselor Keluarga dari PKS Siap Dampingi Masyarakat Jatim

Ratusan Konselor Keluarga dari PKS Siap Dampingi Masyarakat Jatim Ketua DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan saat me-launching Program Konsultan Keluarga dengan menyiapkan sebanyak 800 konselor keluarga, Senin (28/6). foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyaknya permasalahan keluarga yang berujung pada tingginya kasus dan narkoba di Jawa Timur membuat prihatin banyak pihak, termasuk DPW Jawa Timur.

Karenanya, me-launching Program Konsultan Keluarga yang menjadi bagian Rumah Keluarga Indonesia (RKI). DPW Jatim dan menyiapkan sebanyak 800 konselor keluarga yang siap mendampingi keluarga di 38 kabupaten/kota di Jatim untuk membangun ketahanan keluarga yang kokoh.

Kegiatan yang dilaksanakan melalui kanal Zoom dan Youtube ini digelar setelah sehari sebelumnya menggelar Training for Trainer (TFT) untuk para konselor keluarga yang siap diterjunkan untuk mendampingi masyarakat yang sedang membutuhkan pendampingan.

Lina Aryani, Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPW Jatim menyampaikan bahwa sebenarnya program ini sudah berjalan lama di masyarakat, hanya saja launching-nya baru dilaksanakan saat ini, Senin (28/6).

Ide untuk me-launching Program Konsultan Keluarga ini bermula dari banyaknya curhatan dari masyarakat tentang permasalahan keluarga ketika Jatim menggelar berbagai programnya di berbagai kecamatan dan desa di Jawa Timur.

“Sebenarnya secara tidak langsung, anggota di kecamatan dan desa banyak yang sudah menjadi konselor dari banyak keluarga. Jadi melalui program Rumah Keluarga Indonesia atau RKI, sebenarnya sudah ada layanan ini sebelumnya yang dilakukan oleh seluruh kader di Jawa Timur,” kata Lina, Senin (28/6/2021).

Ia menjelaskan, RKI merupakan program dengan banyak kegiatan di masyarakat. Mulai dari pelatihan-pelatihan, pengajian dan tahlil, pelatihan wirausaha, pelatihan pra nikah dan keluarga.

Simak berita selengkapnya ...