F-PG DPRD Jatim: Vaksin Berbayar Bakal Bantu Kejar Target Herd Immunity

F-PG DPRD Jatim: Vaksin Berbayar Bakal Bantu Kejar Target Herd Immunity Dr. Kodrat Sunyoto, S.H., M.Si., Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Jatim. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Fraksi Partai Golkar (F-PG) DPRD Jawa Timur Kodrat Sunyoto mendukung adanya vaksinasi berbayar "gotong royong" di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Menurutnya, hal itu patut diapresiasi untuk percepatan dan pemerataan vaksinasi.

"Kondisi masyarakat sampai sekarang ini ada yang tidak kebagian vaksin. Tidak berarti dengan kondisi yang dimanfaatkan oleh Kimia Farma yang mencari keuntungan, saya rasa tidak, ya," katanya, Senin (12/7/2021).

Kodrat menjelaskan bahwa langkah pemerintah dalam rangka mempercepat program vaksinasi sudah cukup bagus. Sebab, mempermudah akses vaksin bagi masyarakat. "Segi positifnya lagi, vaksin berbayar ini juga membantu pemerintah tidak harus menunggu disubsidi. Tetapi, teknisnya harus pakai aturan-aturan, jangan sampai timbul klaster baru," ujar Kodrat yang juga Anggota Komisi E DPRD Jatim itu.

Diketahui, saat ini pemerintah melalui rapat Komite Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) mengusulkan agar vaksin gotong royong bisa dibeli oleh individu atau perorangan.

Sebelumnya, vaksinasi gotong royong ini hanya berlaku kepada perusahaan. Kadin Indonesia mencatat hingga pertengahan Juni 2021, perusahaan yang sudah mendaftar program tersebut mencapai lebih dari 28.000.

Simak berita selengkapnya ...