Kreasi Warga Burengan Kediri, Bikin Lampu Hias Bekas Barang Kendurian dan Botol Air Mineral

Kreasi Warga Burengan Kediri, Bikin Lampu Hias Bekas Barang Kendurian dan Botol Air Mineral Kepala Kelurahan Burengan Adi Sutrisno (berdiri paling kanan) bersama beberapa warga RT 01 RW 12, saat memamerkan hasil karyanya berupa lampu hias dari bahan plastik bekas. Foto: Muji Harjita/ BANGSAONLINE.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Melihat mangkok dan piring plastik bekas kendurian atau hajatan yang tak terpakai, memberi inspirasi beberapa warga RT 01/RW 12, Kelurahan Burengan, Kecamatan Pesantren, , untuk menyulapnya menjadi .

Kebetulan Kelurahan Burengan sedang mengadakan lomba antar RT se-Kelurahan Burengan dalam memperingati HUT RI ke-76 tahun 2021 ini. Yang dilombakan salah satunya adalah kebersihan dan penerangan jalan atau gang di setiap RT.

Edi Sumarsono, Ketua RT 01 RW 15 menjelaskan, awalnya ada pengumuman lomba antar RT dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-76. Begitu melihat banyak mangkok dan piring plastik bekas kendurian tak terpakai, muncullah ide untuk membuat dari bahan-bahan bekas tersebut.

"Warga lalu mengumpulkan mangkok dan piring plastik bekas serta botol air mineral bekas dan sedotan untuk minum untuk dibuat ," kata Edi Sumarsono, Selasa (20/7).

Menurut Edi, jika bahan dirasa kurang lengkap, maka warga melengkapi dengan cara membeli, seperti kawat dan kabel serta nya ke toko.

"Setelah semua bahan dirasa sudah cukup, maka beberapa warga mulai mengerjakan secara gotong royong. Ada yang menggunting, ada yang menggabungkan antar guntingan sampai terwujud model lampu petromax, siap dipasang," ujarnya.

Edi mengungkapkan, saat ini yang sudah selesai dibuat ada 30 buah dan yang masih dalam proses ada sekitar 22 buah. Nantinya, sebanyak 52 itu, akan dipasang di depan setiap rumah warga di RT 01 RW 12.

Sementara Kepala Kelurahan Burengan, Adi Sutrisno, mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung upaya warga dalam membuat dari bahan plastik bekas, guna ikut memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun 2021 ini.

"Kebetulan kami sedang mengadakan lomba untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-76. Kami sangat mengapresiasi warga, khususnya warga RT 01 RW 12 ini yang telah mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba ini

"Dengan kegiatan ini, diharapkan nantinya warga lain bisa terinspirasi untuk membuat hiasan ramah lingkungan, sekaligus juga mengurangi limbah sampah plastik di lingkungan masing-masing," kata Adi Sutrisno. (uji).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Komunitas Disabilitas Kota Pasuruan Raup Cuan dari Lampu Hias':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO