Cegah Kebakaran, Ruang Hunian Warga Binaan Lapas Ngawi Diperiksa

Cegah Kebakaran, Ruang Hunian Warga Binaan Lapas Ngawi Diperiksa Guna mengantisipasi kebakaran di lingkungan lapas, Kalapas Kelas IIB Ngawi menginstruksikan jajarannya melakukan pemeriksaan ruang hunian warga binaan, Kamis (9/9/2021). (foto: ist)

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Guna mengantisipasi kebakaran di lingkungan lapas, Kalapas Kelas IIB Ngawi menginstruksikan jajarannya melakukan pemeriksaan ruang hunian warga binaan, Kamis (9/9/2021). Perintah yang sifatnya mendadak ini pun sempat membuat kaget warga binaan.

"Sidak ini dilakukan dalam rangka deteksi dini gangguan kamtib. Selain itu dalam sidak ini dilakukan pengecekan benda-benda yang berpotensi menyebabkan timbulnya kebakaran, sesuai arahan dari kalapas," kata Kepala Pengamanan Lapas Ngawi (KPLP) Ervans usai memimpin pemeriksaan kepada BANGSAONLINE.com.

Sebelum dimulai, Ervans bersama Plh. Kasi Kamtib memberikan pengarahan kepada seluruh warga binaan untuk mendukung dan mampu bekerja sama dengan baik untuk memperlancar proses pemeriksaan. Seluruh warga binaan dikumpulkan di ruang terbuka. Pegawai kemudian melakukan pengecekan di seluruh kamar hunian.

Dalam sidak tersebut, petugas menemukan kabel listrik yang tidak standar SNI. Selanjutnya, temuan tersebut segera ditindaklanjuti dengan mengganti seluruh kabel listrik yang belum standar SNI dengan kabel yang berstandar SNI. Hal tersebut untuk mencegah kebakaran akibat korsleting listrik. Selain itu, instalasi listrik juga dirapikan agar tidak membahayakan penghuni kamar dan petugas.

Selain melakukan sidak di ruang hunian, petugas lapas juga mengecek secara berkala kondisi kelayakan alat pemadam api ringan (APAR) yang sudah tersedia di sejumlah lokasi di dalam lapas. APAR disediakan di beberapa tempat yang dianggap rawan kebakaran.

"Selain mengganti kabel yang ada kita juga melakukan pengecekan pada APAR yang ada. Sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dapat diantisipasi sejak awal," pungkasnya. (nal/sof/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO