Ketakutan, ​Jenderal Kaya Raya, Pemilik Istana Swasta itu Menghilang

Ketakutan, ​Jenderal Kaya Raya, Pemilik Istana Swasta itu Menghilang Dahlan Iskan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Istana swasta milik yang juga jenderal itu akhirnya ditinggal begitu saja ketika Taliban menguasai Afghanistan? Lalu lari kemana Abdul Rashid Dostum, sang jenderal kaya raya yang gemar minuman keras itu?

Simak tulisan wartawan terkemuka, Dahlan Iskan, berjudul Musik Wiski di Disway pagi ini, Rabu 15 September 2021. Di bawah ini BANGSAONLINE.com menurunkannya secara lengkap. Namun agar bisa membaca tuntas sebaiknya pembaca mengklik bangsaonline.com langsung karena yang dilansir aplikasi agregator sering terpotong. Selamat membaca:

PUN di negara yang sangat miskin. Selalu ada saja orang yang super kaya. Termasuk di Afghanistan. Yang begitu miskin. Yang pendapatan per kapitanya hanya sekitar USD 400 per tahun. Yang berarti masih 10 kali lebih miskin dari rerata penduduk Indonesia.

Para pejuang Taliban umumnya tergolong lapisan termiskin itu. Tapi sejak tanggal 15 Agustus lalu pejuang miskin itu bisa merasakan bagaimana berada di rumah orang terkaya di sana.

Itulah rumah Afghanistan: Abdul Rashid Dostum. Ia jagoan, jenderal, kaya-raya, dan pernah jadi calon presiden –meski gagal.

Dostum dari daerah utara. Sukunya Uzbek. Ia tidak tamat SMA. Ia dari keluarga petani. Saat muda ia jago berkelahi. Ditakuti. Lalu jadi tentara. Lebih ditakuti lagi.

Ia memiliki bakat menjadi ketua kelompok. Ia lantas punya massa dalam jumlah besar. Khususnya di kawasan utara Afghanistan.

Begitu hebatnya sehingga ia punya nama panggilan hebat: Pasha. Yang artinya ”raja”.

Ketika Amerika membawa demokrasi liberal ke sana, 2001, Dostum mendirikan partai: Junbish-e Milli. Gerakan Nasional. Berbasis pengikut dari suku Uzbek dan menjadi partai besar –setidaknya khusus di wilayah utara.

Rumahnya yang di kota Kabul tidak pantas disebut rumah –saking besar dan hebatnya. Itu lebih tepat dibilang istana swasta.

Dostum ketakutan saat Taliban menguasai Afghanistan. Ia menghilang 15 Agustus lalu –di hari yang sama dengan ngacirnya Presiden Afghanistan Ashraf Ghani. Sang presiden lari terbang ke Dubai. Dostum terbang entah ke mana –kemungkinan besar ke Uzbekistan. Ia memang juga punya istana di Uzbekistan.

Istana Dostum yang di Kabul itu ditinggalkan begitu saja. Taliban –yang sudah menguasai hampir seluruh wilayah negeri– hari itu memasuki ibu kota Kabul dengan mudahnya. Mereka menguasai istana presiden. Tanpa perlawanan sama sekali. Sekejap kemudian Taliban juga menguasai istana swasta milik Dostum.

Kini sebagian pasukan Taliban –dari divisi Salahudin Al Ayubi– menduduki istana Dostum. Itulah divisi yang menjadi salah satu kekuatan militer utama Taliban.

Di taman-taman istana itu terlihat banyak tentara Taliban lagi duduk-duduk. Lengkap dengan teman setia mereka: senjata modern peninggalan Amerika.

Tiga hari lalu wartawan kantor berita Prancis, AFP, diundang Taliban ke istana swasta itu. Sang wartawan diajak tur keliling istana: melihat kemewahannya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO