Gandeng Smelting, KWG Gelar UKW Angkatan 1

Gandeng Smelting, KWG Gelar UKW Angkatan 1 Wartawan KWG peserta UKW angkatan 1 saat pembukaan UKW. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 27 wartawan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan I yang diselengarakan oleh Komunitas Wartawan Gresik (KWG) kerja sama dengan PT Smelting, Sabtu (25/9) dan Minggu (26/9).

Ketua KWG, M Syuhud Almanfaluty menyampaikan bahwa para peserta sebagian besar adalah jurnalis yang bertugas di Kabupaten Gresik, dan merupakan anggota KWG. Dari 27 peserta, 2 di antaranya mengikuti tingkat utama, 3 madya, dan 22 lainnya tingkat muda.

"Untuk tim penguji, kami menggandeng LUKW (Lembaga Uji Kompetensi Wartawan) Prgram Studi Ilmu Komunikasi FISIP Univesitas Muhammadiyah Jakarta," ujarnya.

Syuhud menjelaskan, UKW merupakan upaya organisasi untuk meningkatkan kompetensi anggotanya. Mengingat tugas utama wartawan tidak hanya menyampaikan infomasi, tapi juga mengedukasi publik, sehingga diperlukan kompetensi khusus.

"Kalau sekadar share informasi, netizen sudah bisa melakukannya melalui media sosial, tidak bisa dipastikan kebenarannya. Tapi bagi seorang jurnalis harus mampu menginformasikan kebenaran, dan berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ)," tandas wartawan HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com ini.

Simak berita selengkapnya ...