Vaksinasi Lansia Tinggal 24.000, Status Sidoarjo Segera Turun ke PPKM Level 1

Vaksinasi Lansia Tinggal 24.000, Status Sidoarjo Segera Turun ke PPKM Level 1 KOMPAK: Bupati, Kapolresta, dan Ketua DPRD Sidoarjo meninjau vaksinasi di Balai Wartawan, Rabu (13/10/2021). foto: Kominfo Sidoarjo

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Vaksinasi warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Sidoarjo saat ini sudah tercapai 126.000 orang atau 42 persen dari 250.000 sasaran lansia. Untuk mengejar 60 persen dari total sasaran lansia, tinggal mengejar 24.000 lagi, agar status Sidoarjo berubah ke PPKM Level 1.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) menarget kurang dari satu minggu lagi, cakupan vaksinasi lansia bisa dicapai.

Hal itu disampaikan Bupati Gus Muhdlor saat bersama Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro dan Ketua DPRD Sidoarjo Usman, meninjau vaksinasi dosis kedua yang digelar Polresta Sidoarjo bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sidoarjo dan Forum Wartawan Sidoarjo (Forwas), di Balai Wartawan Sidoarjo, Rabu, (13/10/2021).

Ditegaskan Gus Muhdlor, untuk mempercepat vaksinasi yang kurang 24.000 lagi, Pemkab Sidoarjo bersama polresta akan mengurangi vaksinasi terpusat di kota. Vaksinasi akan difokuskan jemput bola masuk ke desa-desa. Ia menyampaikan bahwa langkah jemput bola lebih efektif untuk mempercepat vaksinasi lansia.

Bila dalam satu hari Pemkab Sidoarjo memenuhi target vaksinasi sejumlah 5.000 lansia, maka dalam lima hari ke depan atau paling lambat enam hari, status Sidoarjo akan turun dari PPKM level 2 ke PPKM level 1.

"Kita sudah sebar tenaga kesehatan (nakes) untuk melakukan vaksinasi jemput bola ke desa-desa. Hari ini tadi sudah 5.000 lansia yang divaksin," bebernya.

Diketahui, pada ketentuan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 47 mengatur target yang ditetapkan adalah 70 persen cakupan vaksinasi umum dosis pertama dan vaksinasi lansia 60 persen dosis pertama.

Simak berita selengkapnya ...