Peringati Maulid dan Hari Santri, Wakil Ketua DPRD Bangkalan Gelar Khotmil Qur'an

Peringati Maulid dan Hari Santri, Wakil Ketua DPRD Bangkalan Gelar Khotmil Qur Khotib Marzuki (dua dari kiri) saat menggelar Khotmil Qur'an di Desa Telang, Kecamatan Kamal, Jumat (22/10).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional (HSN), Wakil Ketua DPRD Bangkalan Khotib Marzuki menggelar Khotmil Qur'an di Desa Telang, Kecamatan Kamal, Jumat (22/10).

Ia mengatakan, Khotmil Qur'an itu sebenarnya merupakan secara rutin setiap tiga bulan sekali. Hal itu dilakukan untuk membangun jalinan ukhuwah islamiyah masyarakat di kecamatan tersebut.

"Khotmil Qur'an ini sebagai salah satu ikhtiar agar hubungan masyarakat semakin erat dan rukun. Kebetulan di bulan ini bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional," jelasnya.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa () itu juga memaknai hari santri yang jatuh pada 22 Oktober. Menurutnya, hubungan masyarakat Bangkalan yang guyub tak terlepas dari peran santri dan pondok pesantren yang mendominasi.

"Banyak nilai-nilai Islam yang diterapkan oleh para santri maupun alumni ponpes dalam kehidupan masyarakat di Bangkalan dan menciptakan masyarakat yang rukun dan beradab," tuturnya.

Tak hanya itu, di masa pandemi Covid-19 yang berdampak pada seluruh sektor, ponpes dinilai mampu tetap bertahan. Hal tersebut terbukti dari tidak adanya klaster baru di pondok pesantren.

Ia bersyukur, saat ini pemerintah mulai memperhatikan ponpes, salah satunya melalui dana abadi pesantren yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2021.

"Adanya Perpres Nomor 82 tahun 2021 itu menjadi semangat baru bagi ponpes dan juga santri untuk meningkatkan kualitas dan juga tetap menjaga karakter. Alhamdulillah, atas perjuangan anggota DPR RI Fraksi perpres itu terbit dan menjadi kado di hari santri ini," imbuhnya. (uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO