Polres Gresik Gelar Apel Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana

Polres Gresik Gelar Apel Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana Kapolres Gresik AKBP Muchamad Nur Azis bersama Bupati Fandi Akhmad Yani saat cek persiapan dapur umum. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Polres Gresik menggelar apel kesiapsiagaan pasukan dan pencegahan bencana di lapangan Mapolres Gresik, Senin (25/10). Apel ini merupakan persiapan menjelang musim penghujan, guna mengantisipasi bencana alam.

Apel dipimpin langsung Fandi Akhmad Yani, didampingi Kapolres AKBP Mochamad Nur Azis, dan Pasi Ops Kodim 0817 Kapten Inf Hari.

Apel juga diikuti ratusan personel gabungan dari TNI-Polri, Satpol PP, BPBD, PMI, Orari, relawan, dan Saka Bhayangkara.

Bupati menyampaikan, sejak tahun 2020, Indonesia termasuk Gresik, dilanda berbagai bencana, baik alam maupun nonalam seperti Covid-19.

Pihaknya mengapresiasi TNI-Polri, BPBD, nakes, dan seluruh stakeholders dalam menangani berbagai bencana tersebut, khususnya pandemi Covid-19 sehingga penyebarannya bisa ditekan.

"Ke depan dalam penanganan bencana selain memerhatikan faktor evakuasi, juga mengedepankan protokol kesehatan agar dalam penanganannya tidak menimbulkan klaster baru Covid-19," pesannya.

Bupati mengaku telah menyiapkan rencana kontijensi sesuai tata kelola kedaruratan protokol kesehatan, termasuk penyediaan sarana dan prasarana, untuk mengantisipasi . Pendekatan secara preventif kepada masyarakat juga dilakukan untuk memberi pemahaman dalam menghadapi bencana alam.

Sementara itu, AKBP Nur Azis berharap sinergitas seluruh stakeholder dalam mitigasi bencana berjalan lancar. Pihaknya mewanti-wanti seluruh anggota yang terjun ke lapanan untuk menjaga kesehatan dan memedomani protokol kesehatan agar tugas terlaksana secara optimal.

"Pengecekan terhadap peralatan SAR akan dilakukan secara intens dan berkala yang dimiliki masing-masing instansi. Harapannya, peralatan tersebut siap pakai saat dibutuhkan dalam penanganan bencana," kata lulusan Akpol 2002 itu.

Adapun peralatan yang dibawa dalam apel tersebut di antaranya, mobil PMI, mobil ambulans, dan empat mobil BPBD. Serta kendaraan pendukung dari TNI-Polri dan instansi terkait. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO