Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkot Kediri Gencarkan Penggunaan PeduliLindungi

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkot Kediri Gencarkan Penggunaan PeduliLindungi Salah satu pengunjung sedang memindai kode batang PeduliLindungi. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri mengimbau pemasangan QR Code PeduliLindungi di sejumlah lokasi untuk melakukan perlindungan kesehatan terhadap pekerja dan pengunjung serta mencegah penyebaran Covid-19. QR Code itu terpasang di berbagai tempat publik, seperti di hotel, pusat perbelanjaan, tempat wisata, kantor instansi pemerintah, dan sekolah.

Wali , Abdullah Abu Bakar, mengatakan bahwa Pemkot Kediri telah memasifkan penggunaan QR Code ini sebagai pengamanan giat Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dan pemulihan ekonomi di wilayahnya.

"Kegiatan PTMT dan pemulihan ekonomi di memang sedang berjalan, namun Pemkot Kediri tetap melakukan tindakan preventif dengan memasang QR code PeduliLindungi. Saya harap masyarakat juga patuh dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi," ujarnya, Minggu (31/10).

Sementara itu, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah , Herwin Zakiyah, mengatakan bahwa beberapa kegiatan di pun mulai dilengkapi dengan QR Code PeduliLindungi.

“Saat ini, beberapa kegiatan di sudah dilengkapi dengan QR Code PeduliLindungi. Seperti contoh kegiatan yang diselenggarakan Pemkot Kediri maupun komunitas kesenian, salah satunya pentas pecut beberapa waktu lalu,” kata Herwin.

Ia menuturkan, Pemkot Kediri melakukan koordinasi terkait pendaftaran penerbitan QR Code PeduliLindungi ke Pusat Data dan Teknologi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan. Pemkot Kediri juga memfasilitasi untuk membantu para pelaku usaha yang kesulitan mendaftar untuk mengurus QR Code PeduliLindungi, sehingga semakin banyak tempat strategis yang dilengkapi hal tersebut.

Selain itu, beberapa sekolah di juga telah menggunakan QR Code PeduliLindungi. Dengan demikian, seluruh warga sekolah dan tamu wajib scan QR code sebelum memasuki kawasan sekolah.

Sedangkan, Satpol PP juga telah mensosialisasikan dan menegakkan peraturan secara humanis pada pusat perbelanjaan untuk memasang QR Code PeduliLindungi. Nantinya, Herwin berharap seluruh tempat yang berpotensi kerumunan tertib memasang QR code PeduliLindungi. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO