Wali Kota Kediri Luncurkan 10 Kampung Keren Prodamas, Harapkan Ekonomi dan Kreativitas Terus Tumbuh

Wali Kota Kediri Luncurkan 10 Kampung Keren Prodamas, Harapkan Ekonomi dan Kreativitas Terus Tumbuh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat acara meluncurkan 10 Kampung Kreatif dan Independen (Keren) Prodamas di IKCC Kota Kediri, Selasa (9/11) kemarin. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali meluncurkan 10 Kampung Kreatif dan Independen (Keren) , Selasa (9/11) kemarin, bertempat di IKCC . Peluncuran ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Wali didampingi Camat Kota, Camat Pesantren, dan Camat Mojoroto.

Kampung Keren merupakan salah satu dari 10 program unggulan Wali . Program ini memicu tumbuhnya kreativitas dan kemandirian masyarakat di untuk memunculkan karakteristik kawasan, keunikan, budaya, keterampilan, dan peningkatan potensi ekonomi di kelurahan.

Kesepuluh Kampung Keren yang diluncurkan ini telah melewati verifikasi dan memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Pemerintah bekerja sama dengan akademisi dari beberapa perguruan tinggi.

“Kita ingin ada 46 Kampung Keren , tapi sekarang baru 10. Kampung Keren ini sebenarnya untuk memancing kreativitas seluruh warga yang ada di kelurahan karena bisa kita lihat di era disrupsi ini seluruh masyarakat mencari spot-spot baru yang keren. Kalau kita lihat banyak spot-spot baru di Indonesia yang tumbuh perekonomiannya dari tempat-tepat keren seperti ini,” ujar wali kota yang karib disapa Mas Abu ini.

Menurutnya, Kampung Keren dapat mendorong kebangkitan perekonomian di . Apalagi akibat pandemi ini, perekonomian terkoreksi cukup dalam.

Karena itu, ia meminta Kampung Keren ini terus dijaga dan dikembangkan agar semakin bagus. OPD-OPD yang ada di harus bekolaborasi di Kampung Keren ini.

“Saya mengajak kepada seluruh elemen di untuk bisa menangkap peluang dari adanya tol dan bandara yang akan ada di Kediri. Tentu multiplier effect-nya harus kita ambil. Saya berharap ini bisa membangkitkan perekonomian kita lagi. Saya yakin akan melompat jauh lebih tinggi,” pungkasnya.

Adapun sepuluh Kampung Keren tersebut adalah Kampung Tani Kelurahan Jamsaren, Kampung Winer (Wisata Kuliner) Kelurahan Kampung Dalem, Kampung Pecut Kelurahan Kemasan, Kampung Harmony Betta (Ikan Cupang) Kelurahan Ketami, Kampung Herbal Kelurahan Mojoroto, Kampung Heritage Kelurahan Pakelan, Kampung Seni Kelurahan Ringinanom, Kampung Tahu Kelurahan Tinalan, Kampung Wisata Air Sumber Banteng Kelurahan Tempurejo, dan Kampung Tenun Ikat Kelurahan Bandar Kidul.

Peluncuran Kampung Keren ini juga diisi sosialisasi gempur rokok ilegal melalui hiburan guyonan dari Cak Percil. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah , perwakilan Forkopimda , asisten, kepala OPD, lurah, LPMK, perwakilan perguruan tinggi, Tim , Direktur BUMD , dan peserta Magang Medeka Scale Up Plus. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO