Terpilih Aklamasi, Kiai Asep Menolak, Syamsuddin Pimpin PGMI Lagi

Terpilih Aklamasi, Kiai Asep Menolak, Syamsuddin Pimpin PGMI Lagi Syamsuddin. Foto: M Mas'ud Adnan/ BANGSAONLINE.com

MAKASSAR, BANGSAONLINE.com – H Syamsuddin kembali terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) dalam Musyawarah Nasional (Munas) II PGMI di Asrama Haji , Sabtu (4/12/2021) malam. Ia mengalahkan rivalnya, H Makhfud, dalam persaingan Calon Ketua Umum PGMI. Dalam perhitungan suara, H Syamsuddin mendapat 133 suara. Sedang H Makhfud mendapat 62 suara.

Seperti diberitakan BANGSAONLINE.com, Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A., terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Persatuan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) dalam Musyawarah Nasional (Munas) II PGMI di Asrama Haji , Sabtu (4/12/2021).

Namun pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur itu menolak menduduki pimpinan puncak organisasi para guru madrasah tersebut. justru mendukung penuh terpilihnya kembali H Syamsuddin.

(Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA (kanan). Foto: MMA/ BANGSAONLINE.com)

Padahal dalam sidang, Syamsuddin sendiri secara terbuka juga mendukung sebagai ketua umum, sedang dirinya legowo jadi ketua pembina.

Ternyata justru memilih jadi ketua pembina. “Kalau jadi pembina saya mau, tapi kalau ketua umum jangan. Pak Syamsuddin saja,” kata .

Kenapa menolak jadi ketua umum PGMI? “Pak Syamsuddin itu orang baik dan pendiri PGMI. Biarkan Pak Samsuddin terpilih kembali untuk menyempurnakan kebaikan dan kepemimpinannya agar bisa menyelesaikan pendirian pengurus wilayah di seluruh Indonesia. Seperti di Papua, dan seterusnya,” kata kepada BANGSAONLINE.com usai acara.

justru memilih jadi pembina. “Saya pembina saja. Tapi nanti saya yang membiayai,” kata yang Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu).

Menurut , Syamsudin selama ini punya komitmen dan konsentrasi penuh untuk memimpin PGMI. “Kelemahan Pak Syamsuddin itu soal finansial. Karena itu, nanti saya bantu. Setiap pengurus DPP PGMI mau ke daerah, membentuk atau mendirikan cabang di daerah, semua tiketnya saya yang nanggung. Saya tak akan mengingkari apa yang saya katakan,” kata . (mma)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO