Meski Harga Naik, Disperdagin Kota Kediri Pastikan Stok Telur dan Minyak Aman

Meski Harga Naik, Disperdagin Kota Kediri Pastikan Stok Telur dan Minyak Aman Salah satu pedagang telur di Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) memastikan bahwa persediaan minyak dan telur aman, meski harganya merangkak naik jelang perayaan natal dan tahun baru (nataru). Kepala Diseperdagin , Tanto Wijohari, mengungkapkan alasan di balik meningkatnya harga kedua komoditas tersebut.

"Memang betul (kenaikan harga), dibandingkan komoditas yang lain, minyak dan telur mengalami kenaikan yang signfikan. Untuk minyak, kenaikan ini terjadi secara nasional lantaran harga bahan baku yang mengalami kenaikan pula, tapi saat ini kementerian sedang melakukan kajian untuk mencegah harga yang terus melambung," tuturnya, Jumat, (24/12).

"Sedangkan untuk telur, kenaikan ini diprediksi lantaran bebarengan dengan penyampaian bantuan sosial, di mana salah satu item bantuan itu merupakan telur, permintaan menjadi meningkat. Alhasil, terjadi kenaikan harga pada komoditas telur ini," tuturnya menambahkan.

Harga minyak di saat ini menyentuh angka Rp20 ribu/liter yang mana sebelumnya ada di angka Rp14.500,00, dan telur yang awalnya Ro20 ribu/kg menjadi Rp30 ribu/kg. Kendati demikian, Disperdagin memastikan stok terkait masih aman selama akhir tahun ini.

"Kami bisa memastikan stok aman, karena sebelumnya kami telah melakukan sidak pasar, baik di pasar tradisional dan modern. Alhasil, didapati stok masih tetap aman selama nataru ini," paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Disperdagin , Anik Sumartini, mengatakan bahwa selain komoditas minyak dan telur, sembako lain masih terpantau stabil, baik untuk harga dan ketersediaannya.

"Bahkan untuk beras terpantau stok melimpah, cukup untuk memenuhi kebutuhan selama nataru ini," kata Anik.

"InsyaAllah awal tahun depan, harga sudah bisa kembali normal ( dan telur). Mengingat pasokan juga lancar, tapi yang jelas stok selama ini dipastikan aman," ucap Anik. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO