Bukit Teletubbies Kawah Wurung Bondowoso Jadi Wisata Alternatif Kawah Ijen

Bukit Teletubbies Kawah Wurung Bondowoso Jadi Wisata Alternatif Kawah Ijen Bukit Teletubbies di Bondowoso. (Sugiyanto/BANGSAONLINE)

BONDOWOSO (BangsaOnline) - Gunung merapi Ijen tak hanya mepunyai gunung, kawah, atau api biru abadi yang menarik minat banyak wisatawan. Di Kecamatan Sempol, Bondowoso, terdapat Kawah Wurung yang punya hamparan rumput ibarat bukit teletubbies yang bisa menjadi wisata alternatif baik wisatawan lokal, maupun mancanegara.

Kawah Wurung secara letak gografis berada di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Bondowoso. Namun kawasan yang memiliki luas sekitar 100 ha ini masuk dalam pengelolaan Perhutani KPH Bondowoso.

Nama Kawah Wurung diambil lantaran kondisi geografis kawasan yang menyerupai kawah yang tidak jadi (wurung, bahasa Jawa). Konon katanya, kawasan ini dulunya merupakan bagian dari kaldera Gunung Ijen. Hal itu bisa dilihat dari adanya hamparan lembah menganga seperti Kaldera.

Tak mudah seperti apa yang dibayangkan, untuk menuju kawasan bukit yang berjuluk Highland Paradise ini bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Ada dua rute alternatif, yakni lewat areal perkebunan Jampit dan Margahayu. Keduanya adalah kawasan PTPN XII Kalisat Jampit.

Adapun rute yang lewat kebunan Jampit jalanan masih berupa jalan makadam sepanjang 18 km. Sehingga, bagi kendaraan roda empat perjalanan melalui Jampit terkesan cukup melelahkan. Meskipun sepanjang perjalanan wisatawan bisa menikmati kebun kopi dan strawberry yang dikelola perkebunan.

Sementara jika lewat Margahayu jalannya relatif cukup mudah, kendati hanya berupa jalanan tanah berpasir. Di kiri kanan jalan sepanjang 3 km juga bisa menikmati area kebun kopi. Setelah melewati perkampungan milik perkebunan, kendaraan roda empat maupun roda dua bisa langsung diparkir di kaki bukit. Bahkan, untuk kendaraan roda dua bisa langsung naik hingga atas bukit pandang.

Lihat juga video 'Mandi di Air Terjun Sedudo Nganjuk, Bisa Bikin Awet Muda?':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO