Hardiknas 2024, Pj Gubernur Jatim: Penerapan Merdeka Belajar Hasilkan Prestasi Gemilang

Hardiknas 2024, Pj Gubernur Jatim: Penerapan Merdeka Belajar Hasilkan Prestasi Gemilang Pj Gubernur Jatim saat meninjau stan pameran.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional () 2024 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (2/5/2024). Berlangsung meriah dan gegap gempita, kegiatan ini diramaikan dengan banyak pertujukan siswa dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Mulai dari persembahan Tari Kolosal dan Kidung Timur Branjang Kawat dari SMKN 12 Surabaya serta Persembahan Fashion Show dari 60 siswa difabel yang diiringi 25 personel musik gamelan. Di samping itu, acara disemarakan dengan pertunjukan drumband oleh Gita Suara Nala dari SMA Taruna Nala.

Di kesempatan 2024 ini, Pj Gubernur Jatim menegaskan bahwa pemerintah provinsi serius dan berkomitmen tinggi dalam mentransformasi pendidikan demi terwujudnya peningkatan SDM di Indonesia.

Salah satunya dibuktikan dengan getolnya menerapkan dan memaksimalkan implementasi kurikulum merdeka di jenjang SMA, SMK dan SLB di Jatim. Hal tersebut selaras dengan tema Tahun 2024 yaitu "Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar”.

"Sistem Merdeka Belajar betul-betul terimplementasi dengan baik di Jawa Timur. Ini terbukti dengan banyaknya capaian gemilang di bidang pendidikan yang berhasil kita capai," katanya.

"Sampai saat ini, sudah tiga tahun berturut-turut kita selalu juara umum di Olimpiade Sains Nasional dan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia. Kita juga menjadi provinsi dengan jumlah tertinggi pelajar yang masuk SBMPTN dan SNMPTN," lanjut Pj Gubernur Adhy.

Dukungan program Merdeka Belajar, sebut mantan Staf Ahli Kemensos RI itu, terus digelorakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Di antaranya melalui program Sekolah Penggerak dan Guru Penggerak, perluasan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran, serta penyelenggaraan sekolah inklusif

"Prestasi Jawa Timur betul-betul gemilang daalam lima tahun terakhir. Hal itu berkat penerapan Merdeka Belajar yang baik di satuan pendidikan kita. Oleh sebab itu, di momentum ini kita akan pastikan Jatim terus melanjutkan Merdeka Belajar yang menurut kami tinggal sedikit lagi untuk bisa lepas landas menjadi bentuk pendidikan di Jawa Timur yang maju," katanya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO