Gelar Bimtek Dapodik Versi 2024, Dindik: Kini Sudah Terintegrasi dengan Berbagai Kementerian | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gelar Bimtek Dapodik Versi 2024, Dindik: Kini Sudah Terintegrasi dengan Berbagai Kementerian

Editor: Sigit Endra
Wartawan: Muji Harjita
Rabu, 09 Agustus 2023 10:35 WIB

Bimbingan teknis (bimtek) yang diikuti oleh seluruh guru SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kota Kediri. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Pendidikan Kota menggelar bimbingan teknis (bimtek) untuk mengenalkan aplikasi data pokok pendidikan () versi terbaru kepada tenaga pendidik.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh guru SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kota ini berlangsung di Aula Ki Hajar Dewantara Dinas Pendidikan, Selasa (8/8/2023).

Kepala Dinas Pendidikan Kota , Anang Kurniawan, menjelaskan tujuan bimbingan teknis tersebut untuk menyamakan pemahaman terkait dengan penggunaan di awal tahun ajaran 2023/2024. Sekaligus untuk memastikan bahwa verifikasi dan validasi 2023/2024 dapat dilakukan setiap sekolah khususnya SD dan SMP.

“Bimtek dilaksanakan karena Kemendikbud merilis versi terbaru yakni versi 2024. Memang cut off untuk kegiatan tahun pelajaran 2023/2024 dan tahun anggaran 2024 per 31 Agustus 2023, itulah dasar kita melaksanakan bimtek hari ini,” terang Anang.

Menurutnya, bimtek tersebut akan diadakan selama 2 hari. Yakni gelombang pertama diikuti seluruh tenaga pendidik jenjang SD Negeri/Swasta se-Kecamatan Kota dan SMP Negeri/Swasta se-Kota , pada Selasa (8/8/2023).

Sedangkan seluruh tenaga pendidik jenjang SD Negeri/Swasta se-Kecamatan Pesantren dan Mojoroto akan mengikuti kegiatan tersebut pada gelombang kedua, Rabu (9/8/2023).

Sebagai informasi, adalah suatu aplikasi pendataan yang dikelola oleh Kemendikbud RI dan dipakai untuk mengumpulkan serta memeriksa data peserta didik, satuan pendidikan, substansi pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan, sumber daya pendidikan, dan capaian pendidikan yang diperbaharui secara daring.

“Jadi semua data terkait pengelolaan dan penyelenggaraan setiap sekolah ada di . Fungsinya selain mencatat juga memvalidasi data sekolah yang akan dibaca Kemendikbud dan dinas pendidikan,” jelas Anang.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video