Pj Wali Kota Kediri Ajak Semua Stakeholder Perangi Peredaran Rokok Ilegal | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pj Wali Kota Kediri Ajak Semua Stakeholder Perangi Peredaran Rokok Ilegal

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 25 Juni 2024 17:06 WIB

Sosialisasi gempur rokok ilegal di Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk memberantas peredaran rokok ilegal. Hal tersebut disampaikan dalam sosialisasi gempur rokok ilegal yang menggandeng peserta dari perwakilan perusahaan jasa titip, dan ekspedisi di Kawasan Selomangleng, Selasa (25/6/2024).

"Beberapa tahun terakhir tren modus jasa titip dan pengiriman rokok ilegal cukup meningkat di beberapa daerah. Lingkup pengirimannya mulai dari dalam dan luar negeri. Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan menggunakan perantara jasa titip dan ekspedisi pengirimnya pun sengaja mengaburkan alamat aslinya," kata Zanariah.

Ia menjalaskan, dari sisi pelanggan kebanyakan alasan mereka adalah untuk mendapat rokok dengan harga murah atau rokok limited edition yang di jual di luar negeri. Mengingat peredaran rokok ilegal merupakan sebuah pelanggaran dan merugikan negara, bersama Bea Cukai, Kejaksaan Negeri dan Polres Kediri Kota mengajak para pelaku usaha jastip dan ekspedisi berdiskusi bersama terkait pencegahan hingga penanganan peredaran rokok ilegal.

"Harapannya dengan memahami dampak buruk dari peredaran rokok dan barang kena cukai ilegal para pelaku jastip dan perusahaan ekspedisi dapat mengambil kebijakan. Serta prosedur standar terkait proses seleksi paket yang akan didistribusikan. Selain itu pengaturan terhadap ketentuan jastip ini dilakukan untuk menciptakan keadilan penerapan aturan bagi seluruh pelaku usaha atau level playing of field," ungkapnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video