Beri Edukasi Zakat Sejak Dini, Baznas Jatim Gelar Lomba Mewarnai Tingkat TK | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Beri Edukasi Zakat Sejak Dini, Baznas Jatim Gelar Lomba Mewarnai Tingkat TK

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Yudi Arianto
Minggu, 03 Maret 2024 21:39 WIB

Wakil Ketua IV Baznas Jatim, KH Husnul Khuluq, saat menyapa anak-anak peserta lomba mewarnai. Foto: YUDI ARIANTO/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jatim menggelar lomba mewarnai dalam rangka Tarhib 1445 Hijriyah di BG Junction Mall, Minggu (3/3/2024). Ketua Jatim, KH Ali Maschan Moesa, memaparkan bahwa kegiatan hari ini merupakan awal dari program pihaknya dalam menyambut datangnya Bulan Suci melalui lomba mewarnai untuk anak-anak.

"Kegiatan lomba mewarnai ini bisa diartikan dengan megengan namun dalam bentuk lain. Dengan pola yang mungkin tidak harus sama. Selama ini, istilah megengan sangat identik dengan berbagi kue atau jajanan ke tetangga atau masjid-masjid," paparnya di sela acara.

Ia mengatakan, kegiatan tarhim atau megengan adalah suatu sikap mental yang ada pada diri seseorang dalam menyambut kedatangan bulan suci dengan riang gembira.

"Kita harus menunjukkan rasa senang kita dalam menyambut datangnya bulan suci . Seperti megengan, istilah yang diberikan oleh para kiai dulu dengan sikap-sikap yang senang dan gembira dalam menyambut bulan suci . Seperti Nabi (Muhammad SAW) kan senang kalau datang, kalau akhir malah susah," tuturnya mencontohkan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video