Dapat Hibah dari Pemprov Jatim, DPD RI Mulai Pembangunan Kantor Perwakilan di Surabaya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dapat Hibah dari Pemprov Jatim, DPD RI Mulai Pembangunan Kantor Perwakilan di Surabaya

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Senin, 13 Mei 2024 18:21 WIB

Peletakan batu pertama pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI di Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua , AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, didampingi Gubernur Jatim periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa, melakukan seremoni peletakan batu pertama pembangunan Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Senin (13/5/2024).

Pembangunan di Jalan Jemur Andayani itu merupakan sejarah baru yang ditorehkan oleh Ketua di tengah moratorium, atau penghentian pembangunan gedung Kementerian dan Lembaga yang diberlakukan pemerintah pusat sejak 2014 melalui Surat Menteri Keuangan.

"Pembangunan Kantor Daerah melalui mekanisme hibah dan bantuan dana dari Pemerintah Provinsi Jatim adalah terobosan sebagai jalan keluar atas adanya moratorium oleh Menteri Keuangan. Ini adalah yang pertama dalam sejarah . Dan sejarah itu kita ukir di Jawa Timur. Tepuk tangan untuk Jawa Timur," kata LaNyalla.

Dalam kesempatan itu, ia berharap pemerintahan yang akan datang segera mencabut moratorium pembangunan gedung Kementerian dan Lembaga. Sebab, pembangunan Kantor Daerah adalah amanat Undang-Undang MD3, apalagi anggota di setiap daerah wajib menyerap aspirasi di daerahnya melalui kantor perwakilan yang ada.

"Sehingga agak rancu bila kita lihat hirarki hukum, dimana amanat Undang-Undang bisa dihentikan oleh Surat Menteri," ujarnya.

Kamudian disebutkan pula, pembangunan kantor daerah juga diharapkan benar-benar mampu menjadi saluran aspirasi bagi seluruh stakeholder di Jawa Timur.

"Pembangunan kantor daerah merupakan langkah nyata dalam upaya meningkatkan pelayanan dan penyerapan aspirasi masyarakat serta penguatan kepentingan daerah yang menjadi tugas utama anggota ," imbuhnya.

Dengan adanya kantor yang lebih representatif, LaNyalla berharap anggota daerah pemilihan Jatim dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menjalankan tugas-tugas, terutama dalam menyuarakan dan memperjuangkan kepentingan pemerintah daerah dan kepentingan masyarakat di daerah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video