Terapkan PHBS, Pj Wali Kota Kediri Berharap Pondok Pesantren Harus Miliki Poskestren | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Terapkan PHBS, Pj Wali Kota Kediri Berharap Pondok Pesantren Harus Miliki Poskestren

Editor: Arief Rahardjo
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 28 Mei 2024 17:24 WIB

Pj. Wali Kota Kediri, Zanariah, saat memberi sambutan pada kegiatan Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) se-Kota Kediri, di Ruang KiliSuci Hotel Grand Surya, Selasa (25/5/2024). Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Penjabat (Pj) Wali , Zanariah memberikan penghargaan pada kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi Pos Kesehatan Pesantren () se-, di Ruang KiliSuci Hotel Grand Surya, Selasa (25/5/2024).

Narasumber dalam kegiatan pembinaan ini adalah Ketua Tim Kerja Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Malik Afif, dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amin Ning Nadia Khoirina.

Zanariah mengatakan, Kota kediri sebagai salah satu kota di Indonesia yang memiliki puluhan pondok pesantren dengan jumlah santri yang mencapai puluhan ribu jiwa.

Para santri tersebut, memiliki keseharian yang selalu bersama-sama dan bersifat komunal, mulai dari tidur, makan, belajar, bermain beribadah.

Namun, sifat tersebut memiliki kerentanan yang cukup tinggi terhadap penyakit, seperti gatal-gatal, diare, demam berdarah, gizi kurang seimbang hingga tuberkulosis. Apalagi jika tidak diimbangi dengan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Melihat kondisi tersebut, hari ini kita membahas terkait penerapan pola hidup bersih dan sehat bagi pos kesehatan pesantren () dengan para narasumber. Jadi tidak hanya sehat rohaninya namun juga sehat jasmaninya,” jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video