Pastikan Harga Pangan Stabil Jelang Iduladha, Satgas Ketahanan Pangan Kota Kediri Lakukan Sidak | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pastikan Harga Pangan Stabil Jelang Iduladha, Satgas Ketahanan Pangan Kota Kediri Lakukan Sidak

Editor: Arief Rahardjo
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 13 Juni 2024 18:53 WIB

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri, Moh.Ridwan, saat melakukan sidak di Pasar Setonobetek. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tim gabungan satuan petugas (Satgas) ketahanan pangan menggelar sidak bahan pangan ke beberapa pedagang di Pasar Setonobetek dan distributor minyak goreng dan gula CV. Langgeng Mulyo, Kamis (13/6/2024).

Sidak yang dilakukan ini, merupakan salah satu upaya nyata Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri untuk melakukan pengawasan, sekaligus antisipasi kenaikan inflasi yang dapat mempengaruhi daya beli dan kesejahteraan masyarakat.

Dari pantauan BANGSAONLINE.com di Pasar Setonobetek, dan distributor, Kepala Dinas Ketahanan pangan dan Pertanian , Moh. Ridwan menyebut, stok pangan menjelang Hari Raya Iduladha, terpantau aman, untuk mencukupi kebutuhan masyarakat, meskipun beberapa komoditi mengalami sedikit kenaikan harga.

“Secara umum stok tersedia dan tidak terjadi kelangkaan di pasaran. Harga pangan juga relative stabil, meski beberapa komoditas mengalami sedikit kenaikan harga yang masih wajar karena harganya masih dibawah Harga Eceran Tertinggi (HET),”ujarnya.

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan yaitu, daging ayam ras harga sebelumnya Rp31.666 naik jadi Rp32.666 (HET Rp36.750), telur ayam ras harga sebelumnya Rp26.000 menjadi Rp26.666 dan cabai merah besar harga sebelumnya Rp53.666 naik jadi Rp54.666 (HET Rp55.000).

Namun, ia menyebutkan, stok dan harga pangan di , masih terpantau aman. Selain itu, pihaknya juga akan terus melakukan pemantauan secara rutin setiap harinya. Jika nantinya ditemukan harga pangan yang mengalami kenaikan, hingga melebihi HET, baik menjelang maupun setelah hari raya kurban, pemkot akan melakukan intervensi berupa pasar murah atau OPM.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video