Pesan Khofifah soal Keikhlasan Berkiurban pada Iduladha 1445 H | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pesan Khofifah soal Keikhlasan Berkurban pada Iduladha 1445 H

Editor: Novandryo
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Senin, 17 Juni 2024 13:20 WIB

BANGSAONLINE.com - Memperingati Iduladha 1445 H Indar Parawansa mengajak seluruh umat Islam untuk belajar mengambil keteladaan dari as tentang makna ketaqwaan pada Allah SWT.

Dari , umat muslim selayaknya belajar tentang arti ketaqwaan melalui keikhlasan yang tinggi mengorbannya apa yang paling dicintai dan disayangi demi menjalankan perintah Allah dan meraih keridhaan-Nya.

adalah seorang hamba yang patuh. Di mana ia mendahulukan perintah Allah dengan cara menaati perintah-Nya. melaksanakan perintah Allah yang meminta untuk menyembelih anaknya sendiri, yaitu Ismail. Padahal Ismail adalah keturunan yang ia tunggu-tunggu selama puluhan tahun,” kata .

Ia mengatakan, Allah menurunkan perintah menyembelih Ismail melalui mimpi. Sebagaimana disebutkan dalam Alquran Surat Ash Shaffat ayat 102, Allah Ta’ala berfirman, yang artinya ;

“Maka tatkala anak itu sampai (pada usia sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: Wahai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku sedang menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Wahai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”.

Dikatakan , keikhlasan yang tinggi dan memberikan gambaran bahwa yang bagaimana derajat ketaqwaan sesungguhnya harus dilakukan seorang hamba Allah SWT.

“Dan saat membaringkan dan bersiap menyembelihnya anaknya sebagai perintah dari Allah SWT, maka Allah SWT menggantikan tubuh dengan seekor domba besar putih bersih dan tidak ada cacatnya,” ucap .

Hal itu sebagaimana dijelaskan di Alquran Surat Ash-Saffat:107 وَفَدَيْنٰهُ بِذِبْحٍ عَظِيْمٍ Yang artinya ”Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. Kisah menyembelih anaknya inilah yang menjadi dasar ibadah kurban yang dilakukan pada Hari Raya Idul Adha yaitu 10 Dzulhijah dan hari tasyrik 11-13 Dzulhijah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video