Ketua PWI Jatim Sebut UKW Jadikan Kehidupan Pers Lebih Baik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ketua PWI Jatim Sebut UKW Jadikan Kehidupan Pers Lebih Baik

Editor: Maulana
Wartawan: M. Aulia Rahman
Selasa, 28 Mei 2024 21:45 WIB

Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim, saat memberi sambutan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Jatim, Lutfil Hakim, mengatakan bahwa pelaksanaan UKW atau uji kompetensi wartawan diharapkan mampu menjadikan kehidupan, dan ekosistem pers menjadi lebih baik.

“Karena UKW dan sertifikasi yang mengiringinya ini bukan alat untuk menaikkan kelas, bukan untuk naik pangkat, tetapi justru alat untuk mengukur apakah anda itu layak disebut sebagai jurnalis,” kata pria yang akrab disapa Cak Item saat memberikan sambutan pada UKW ke-57 Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Selasa (28/5/2024).

UKW ke-57 Jatim dibuka Ketua Umum Pusat, Hendry Ch Bangun, dan diikuti 36 peserta yang terbagi ke dalam 3 jenjang, yakni muda sebanyak 18 orang, madya sebanyak 12 orang, dan utama sebanyak 6 orang.

Menurut Cak Item, peserta UKW setelah lulus dan disebut sebagai wartawan yang kompeten harus menunjukkan konsistensi dari sisi kejurnalistikan mulai dari perencanaan, proses peliputan sampai pemuatan. Peserta yang lulus UKW diharapkan menunjukkan kompetensi etika, dan moral yang jauh lebih penting dari kompetensi teknis.

“Tidak ada kemudian jurnalis itu mengintimidasi, tidak sopan,” ujarnya.

Kompetensi ketiga yang jauh lebih penting, lanjutnya, adalah kapasitas keilmuan. Sejauh mana memiliki skil dalam kejurnalistikan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video