Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan di Masyarakat, OJK Kediri Gelar Journalist Class | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan di Masyarakat, OJK Kediri Gelar Journalist Class

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Rabu, 29 Mei 2024 18:28 WIB

Kepala OJK Kediri, Bambang Supriyanto (kiri), dan salah satu narasumber, Hudiyanto. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com Kediri, menggelar journalist class selama 2 hari (28-29 Mei 2024). Agenda tersebut diikuti sekitar 30 jurnalis dari Kediri, Madiun, Ponorogo, serta Tulungagung. 

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di masyarakat atas produk-produk jasa keuangan, termasuk perbankan dengan berita yang ditulis para wartawan.

Dalam kegiatan itu, Kediri mendatangkan narasumber yang berkomentar dari Pusat di antaranya adalah Hudiyanto, Ketua Sekretariat Satgas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal dengan materi pencegahan kerugian konsumen, dan penindakan penyelenggaraan investasi/pinjaman online ilegal.

Narasumber kedua adalah Yustianus Dapot dengan materi pengawasan perusahaan pembiayaan dan penyelenggara layanan paylater. Kemudian ada Moh. Eka Gonda Sukmana dengan materi pengawasan penyelenggaraan layanan fintech P2P Lending, dan narasumber terakhir adalah Achmad Tri Cahyono dengan materi edukasi tentang sistem layanan informasi keuangan (SLIK).

Kepala Kediri, Bambang Supriyanto, mengatakan bahwa dari data yang ada, tingkat literasi masyarakat terhadap keuangan sangat minim. Kondisi ini, dianggap berisiko bagi masyarakat karena akan mudah terjebak dalam produk-produk keuangan ilegal yang tentunya sangat merugikan masyarakat.

"Patut kita perhatikan, tingkat literasi keuangan masyarakat di Indonesia masih sangat rendah. Dengan kondisi seperti ini masyarakat akan mudah sekali tertipu apalagi dengan penawaran keuntungan yang tidak logis," ucapnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video