Upacara Hari Lahir Pancasila di Grahadi Semarak, Cerminkan Semangat Keberagaman dalam Persatuan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Upacara Hari Lahir Pancasila di Grahadi Semarak, Cerminkan Semangat Keberagaman dalam Persatuan

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Devi Fitri Afrianti
Sabtu, 01 Juni 2024 15:23 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Upacara Peringatan Hari Lahir Tahun 2024 di Gedung Negara , Surabaya, Sabtu (1/6) berlangsung meriah. Mengusung tema " Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045", acara ini dihadiri ribuan masyarakat Jawa Timur yang kompak mengenakan pakaian adat dari seluruh daerah di Indonesia.

Selain suasana khidmat, peringatan ideologi bangsa itu juga terasa meriah. Pasalnya, banyak hiburan yang ditampilkan seperti gelar tari Jejer massal Gandrung Banyuwangi yang dipersembahkan oleh penari gabungan Daru Brang Wetan Comunity.

Tak berhenti di sana, adapula penampilan penyanyi Jawa Timur Cak Shodiq dan Lala Widy yang diiringi dengan Flash Mob oleh seluruh peserta upacara. Baik Forkopimda, pejabat Perangkat Daerah (PD), tim paduan suara, Paskibraka, Tim Tagana, TKSK, Pendamping PKH, ojek online, serta lapisan masyarakat lainnya.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur mengatakan, acara ini dipersembahkan untuk masyarakat. Menurutnya, ini adalah satu wujud implementasi yang menyatukan seluruh keberagaman.

"Kita mencoba kali ini perayaan dengan konsep untuk rakyat. Kita libatkan seluruh masyarakat untuk mensyukuri nikmat kebersatuan dalam keberagaman Indonesia. Jadi acaranya menghibur dan dengan mengundang masyarakat untuk bergembira mensyukuri apa yang kita miliki," katanya.

"Ini juga menyatukan semua unsur yang luar biasa sekali di tahun 2024. Apalagi keberagaman di Jawa Timur memang luar biasa yang masing-masing daerah terbagi ke dalam budaya-budaya dan juga agama," lanjut Pj Gubernur Adhy.

Lebih jauh, ia mengatakan bahwa spirit saat ini sangat krusial keberadaannya. Terlebih dengan Pesta Demokrasi di tahun ini.

"Demikian ini yang harus kita rajut karena gelombang kedua yaitu Pilkada serentak tentunya tidak boleh mencabut akar nilai-nilai di masyarakat kita. Biarkan mereka tetap ke Pesta Demokrasi, tapi semua bisa berjalan damai setiap hari," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video