Peringati Hari Lahir Pancasila, Bupati Trenggalek Bacakan Pidato Bung Karno saat Upacara | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Peringati Hari Lahir Pancasila, Bupati Trenggalek Bacakan Pidato Bung Karno saat Upacara

Editor: Novandryo W S
Wartawan: Herman Subagyo
Selasa, 11 Juni 2024 14:40 WIB

Bupati Arifin saat peringatan Harlah Pancasila di Pendopo Trenggalek.

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggelar upacara 1 Juni di Pendopo Kabupaten.

Bupati Trenggalek Moch Nur Arifin yang sekaligus inspektur upacara dalam pidatonya membacakan teks pidato yang pernah disampaikan Bung Karno.

Usai membacakan pidato Bung Karno, Bupati Arifin selanjutnya mengajak masyarakat untuk saling bertenggang rasa, toleransi, menghargai perbedaan dan menghargai satu sama lain seperti halnya prinsip berbangsa yang pernah disampaikan sang proklamator.

"Tadi kita membacakan kembali pidato Bung Karno 1 Juni. Beberapa cuplikan, salah satunya yang mengingatkan kita sebagai sebuah bangsa itu bahwa ada satunya persamaan nasib," kata Bupati Arifin, Sabtu (1/6/2024).

Lebih lanjut Bupati Arifin mengatakan nasional tidak hanya persatuan atau kesamaan nasib, tetapi juga bersatunya manusia-manusia yang didalamnya dengan tanah airnya, dengan bumi yang dipijaknya.

"Jadi, semoga di Trenggalek kita bisa saling bertenggang rasa, bertoleransi, menghargai perbedaan, menghargai satu sama lain sehingga kita bisa hidup nyaman damai di Indonesia tercinta ini," ucapnya.

Bung Karno, kata Arifin, telah menyampaikan 4 prinsip dasar negara yakni:

1. Kebangsaan Indonesia

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video