Kebutuhan Hewan Kurban Jatim 426 Ekor, Adhy Pastikan Bebas PMK dan LSD | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kebutuhan Hewan Kurban Jatim 426 Ekor, Adhy Pastikan Bebas PMK dan LSD

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Devi Fitri Afrianti
Sabtu, 08 Juni 2024 09:17 WIB

Pj Gubrnur Jatim Adhy Karyono saat meninjau sapi di HFT Glorious Farm, Kabupaten Lamongan, Jumat (7/6/2024).

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Penjabat (Pj.) Gubernur Adhy Karyono menyampaikan kebutuhan naik 22 persen di tahun 2024 ini. Jumlah itu setara dengan 426 ekor secara keseluruhan jenis.

Adhy Karyono memastikan, yang dijual di peternak resmi bebas penyakit mulut dan kuku (PMK) dan lumpy skin disease (LSD).

"Kita ingin memastikan keamanan, ketersediaan, kebutuhan dan kesehatan menjelang Idul Adha 1445 Hijriah. Seluruh hewan ternak yang dikurbankan harus sehat dan bebas dari penyakit, maka seluruh peternakan dan sentra dari masyarakat telah melakukan antisipasi pemeriksaan dan sebagainya," ungkap Adhy Karyono saat meninjau , Kabupaten Lamongan, Jumat (7/6/2024).

Untuk memasatikan kesehatan , Dinas Peternakan Provinsi Jatim telah bekerja sama dengan Dinas Peternakan kabupaten dan kota untuk memastikan jumlah ketersediaan dan pemeriksaan .

Dalam tinjauannya ini, Pj. Gubernur Adhy mengatakan bahwa ternak yang ada di Kabupaten Lamongan telah memenuhi syarat untuk diperjualbelikan sebagai . Hal ini sangat penting, karena Lamongan menjadi salah satu pemasok ternak di Jatim.

Data Dinas Peternakan Provinsi Jatim, total ketersediaan ternak siap kurban di pada tahun 2024 ini sebesar 2,4 juta ekor.

Sedangkan kebutuhan di Jatim sebanyak 426 ekor. Artinya, ketersediaan yang ada masih surplus sekitar 1,9 juta ekor untuk memenuhi kebutuhan nasional.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video