Bersama Pewarta Foto Indonesia, KPU Surabaya Gelar Sosialisasi Pemilu di SMA Wijaya Putra | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bersama Pewarta Foto Indonesia, KPU Surabaya Gelar Sosialisasi Pemilu di SMA Wijaya Putra

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: M. Didi Rosadi
Senin, 10 Juni 2024 18:56 WIB

Sosialisasi Pemilu di SMA Wijaya Putra.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Surabaya bersama Pewarta Foto Indonesia (PFI) setempat menggelar sosialisasi tatap muka  di SMA Wijaya Putra, Senin (10/6/2024). Kegiatan yang diikuti siswa-siswi kelas 3 itu dilakukan dalam rangka meningkatkan peran gen Z dalam pesta demokrasi November mendatang.

Sosialisasi menghadirkan 3 pembicara, mereka adalah Subairi selaku Komisioner Surabaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM; Divisi Pengembangan SDM PFI Surabaya, Ali Masduki; dan Wahyu Kokkang sebagai seorang Kartunis.

"Sosialisasi guna meningkatkan partisipasi pemilih dan mensukseskan di kalangan pemilih pemula. Siswa SMA yang saat ini duduk di kelas 3 sudah berusia 17 tahun, sehingga pada gelaran yang dilaksanakan pada 27 November 2024, mereka sudah bisa ikut memilih wali kota dan wakil wali kota periode 2024-2024," kata Subairi.

"Sosialisasi tatap muka ini juga untuk memberikan pemahaman terkait pentingnya suara para pemilih pemula terhadap sistem pemerintahan lima tahun ke depan," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Subairi juga berpesan kepada pemilih pemula agar tidak golput. Sebab, suara mereka dapat menentukan pemimpin Kota Surabaya dengan baik 5 tahun ke depan sesuai kebijakan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Saya harap jangan ada yang golput, karena pemilih segmen pemula, biasanya masih belum tahu banyak tentang pemilu. Sehingga dikhawatirkan mereka enggan datang ke TPS. Padahal suara mereka sangat menentukan pemimpin negara ini," tuturnya.

Saat menentukan pilihan, lanjut Subairi, para pemilih pemula ini diingatkan agar memilih sesuai hati nurani bukan karena iming-iming imbalan dari calon tertentu.

"Jadilah pemilih yang cerdas," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Surabaya, Suryanto Putramuji mengapresiasi langkah Surabaya. Ia menilai, sosialisasi tatap muka di kalangan pelajar ini sangat penting, karena selain membuka kesadaran tentang proses demokrasi, kegiatan ini dapat menambah wawasan politik.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video