Usai Lempar Jumrah, Jemaah Haji Siap-Siap Balik ke Masjidil Haram untuk Tawaf Terakhir | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Usai Lempar Jumrah, Jemaah Haji Siap-Siap Balik ke Masjidil Haram untuk Tawaf Terakhir

Editor: MMA
Rabu, 19 Juni 2024 12:44 WIB

Tampak jemaah haji sedang melempar jamrah aqobah di Jamarat, Makkah, Arab Saudi, Ahad (16/6/2024). Foto: ANTARA /Sigid Kurniawan/Tempo

MAKKAH, BANGSAONLINE.com – Mayoirtas mulai meninggalkan tenda kota Mina, Arab Saudi, pada Rabu dinihari, 19 Juni 2024 atau Selasa sore, 18 Juni 2024 waktu setempat. Pada hari kedua Tasyrik ini mereka melakukan ritual me ke tiga tiang Jamarat yang melambangkan setan.

adalah tiga hari setelah Idul Adha, yakni tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Pada hari itu umat Islam dilarang berpuasa sunnah. Saat itu Jemaah haji berada di Mina untuk ibadah me.

Sambil melantunkan takbir “Allahu akbar”, jemaah me (kerikil) ke Jamarat Al-Sughra (pilar kecil), kemudian Jamarat Al-Wustha (pilar sedang), dan terakhir Jamarat Al-Aqaba (pilar terbesar). Masing-masing tujuh kali.

Jemaah yang terburu-buru dapat segera meninggalkan Mina. Lalu berangkat ke Masjidil Haram di Makkah untuk melakukan Tawaf Wada. Yaitu Tawaf perpisahan atau yang wajib dilakukan sebelum pulang ke negaranya masing-masing. Tawaf wada juga bisa dimaknai sebagai penghormatan terhadap Baitullah atau Ka'bah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video