Hari Pustakawan Nasional, Khofifah Ajak Masyarakat Tingkatkan Minat Baca dan Literasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hari Pustakawan Nasional, Khofifah Ajak Masyarakat Tingkatkan Minat Baca dan Literasi

Editor: Novandryo W S
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Minggu, 07 Juli 2024 11:39 WIB

BANGSAONLINE.com - Indar Parawansa mendorong para pustakawan untuk terus beradaptasi di era digital di .

Pasalnya, di era ini sumber informasi tidak hanya diperoleh dari buku fisik semata. 

Teapi juga informasi digital seperti e-book, jurnal elektronik, dan berbagai informasi digital lainnya termasuk digital library.

"Di era digital ini, pustakawan tidak hanya mengelola buku fisik, tapi juga membantu menyediakan akses ke berbagai sumber informasi digital lainnya. Apalagi, saat ini banyak perpustakaan yang juga menyediakan informasi secara digital," kata di Surabaya, Minggu (7/7/2024).

diperingati setiap tanggal 7 Juli. Peringatan tahun ini mengusung tema 'Memberdayakan Komunitas Melalui Perpustakaan' yang menyoroti kekuatan transformasional perpustakaan dalam memajukan pendidikan dan pembangunan komunitas.

Khofifah mengatakan, di era digital, pustakawan berperan sebagai fasilitator pembelajaran, membantu pengguna memahami cara mengakses dan menggunakan sumber daya digital dengan efektif. 

Mereka juga menjadi katalisator dalam menyediakan, mengelola, dan mengoptimalkan akses terhadap informasi digital bagi masyarakat umum dan komunitas akademik.

Menurutnya, pustakawan memiliki peran penting dalam memfasilitasi akses informasi dan di masyarakat. 

Mereka tidak hanya menyediakan akses koleksi buku dan sumber informasi lainnya, tetapi juga membantu pengguna dalam mencari, menilai, dan menggunakan informasi secara efektif.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video