Tangkap Peluang Ekspor, DKPP Dorong Petani Tanaman Hias Go Internasional | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tangkap Peluang Ekspor, DKPP Dorong Petani Tanaman Hias Go Internasional

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 11 Juli 2024 12:15 WIB

Dara dari CV Kokonat Indonesia saat menjelaskan beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai ekspor tanaman hias. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian mendeteksi adanya potensi besar penghasil tanaman hias di Kota Kediri.

Untuk itu, DKPP gencar mendorong produsen tanaman hias untuk merambah ke kancah mancanegara.

Dorongan itu salah satunya disampaikan melalui kegiatan sosialisasi ekspor tanaman hias yang digelar Rabu (10/7/2024) kemarin, sebagai salah satu upaya untuk memotivasi komunitas tanaman hias di Kota Kediri.

"Kami ingin mengedukasi bahwa ekspor harus kita lakukan, karena potensi pertanian, khususnya tanaman hias di Kota Kediri sangat besar. Di sini kita mengedukasi karena ada langkah-langkah yang harus diikuti," tegas Moh. Ridwan, Kepala DKPP Kota Kediri.

Menurutnya, wilayah Kediri Raya merupakan daerah penghasil tanaman hias yang cukup besar, bahkan telah menembus pasar nasional. Tak hanya itu, ia juga menilai banyak negara-negara di Asia dan Amerika yang melakukan impor tanaman hias dari Indonesia.

Dalam paparannya, Ridwan menyampaikan kepada 20 peserta sosialisasi yang berasal dari komunitas tanaman hias di Kediri Raya, bahwa Pemkot Kediri telah berupaya dalam mendorong ekspor tanaman hias.

"Perkembangan infrastruktur di Kota Kediri seperti bandara dan jalan tol yang baik mampu menunjang kegiatan ekspor tanaman hias. Di samping itu, kami juga mendorong masyarakat agar memanfaatkan pekarangan rumah untuk budi daya hortikultura," jelasnya.

Hingga tahun 2024, dikatakan Ridwan, jumlah transaksi penjualan tanaman hias dari Kota Kediri telah menembus angka ribuan. Dirinya berpesan kepada calon eksportir untuk bisa mengikuti edukasi yang dilakukan DKPP.

"Di dalam proses ini, kami harap ada kesabaran dari para petani tanaman hias. Kami akan terus mendampingi melalui media komunikasi yang telah dibuat. Ini akan menjadi keuntungan yang besar dan menjanjikan untuk pelaku usaha tanaman hias," ucapnya.

Melalui kegiatan tersebut, Ridwan berharap agar masyarakat semakin gencar memanfaatkan lahan pekarangan di wilayah Kota Kediri.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video