Bisakah Bawang Putih Hitam Turunkan Kadar Gula Darah? Ini Penjelasan Dokter | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bisakah Bawang Putih Hitam Turunkan Kadar Gula Darah? Ini Penjelasan Dokter

Editor: Annisa'a Ambarnis
Kamis, 01 Agustus 2024 15:39 WIB

Bisakah Bawang Putih Hitam Turunkan Kadar Gula Darah? Ini Penjelasan Dokter. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bawang hitam merupakan fermentasi bawang putih yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, apakah bawang hitam bisa menurunkan kadar gula darah?

Bawang putih hitam mengandung antioksidan, vitamin B, vitamin C, kalsium, folat, magnesium, fosfor, zink, dan zat besi.

Dr. R. Ahmad Fauzantoro, ST., M.Si yang merupakan Peneliti Pusat Riset Bahan Baku Obat dan Obat Tradisional BRIN menjelaskan bahwa bawang hitam memiliki kandungan hidrogen sulfida (H2S) yang memiliki khasiat dalam pengobatan diabetes.

"Berdasarkan berbagai riset, ada korelasi penyakit-penyakit tersebut dengan H2S. Menurunnya H2S bisa mengurangi kelenturan pembuluh darah, yang mengakibatkan resistensi insulin yang dapat menyebabkan penyakit seperti jantung, diabetes, dan stroke," ujar Ahmad.

Ahmad menjelaskan bahwa sebenarnya senyawa hidrogen sulfida bisa dihasilkan tubuh secara alami jika dalam keadaan sehat. Senyawa H2S terdapat pada gas yang dikeluarkan manusia melalui saluran pencernaan.

Namun, senyawa tersebut bisa saja tidak dihasilkan tubuh karena beberapa faktor, seperti usia dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video