Cegah Anemia, Bunda Genre dan Wakil Bupati Kediri Berikan Edukasi Gizi ke Remaja Putri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Cegah Anemia, Bunda Genre dan Wakil Bupati Kediri Berikan Edukasi Gizi ke Remaja Putri

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Rabu, 14 Agustus 2024 21:23 WIB

Bunda Genre Kabupaten Kediri, Eriani Annisa Hanindhito, dan Wakil Bupati Kediri, Dewi Mariya Ulfa, di acara edukasi gizi dan pencegahan anemia pada remaja putri. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bunda Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Kediri, Eriani Annisa Hanindhito atau yang akrab disapa Mbak Cicha, menyebut anemia pada remaja putri menjadi persoalan yang harus mendapatkan perhatian.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri pada 2023-2024, disebutkan bahwa dari 16.611 remaja putri yang discreening ada 3.343 atau sekitar 20,13 persen remaja putri mengalami anemia.

Pada remaja, lanjut Mbak Cicha, anemia dapat menyebabkan resiko seperti gangguan pertumbuhan, gangguan konsentrasi dan mereka yang masih mengenyam pendidikan anemia termasuk dapat mengganggu prestasi belajar.

Anemia atau yang biasa dikenal kurang darah ini menjadi persoalan salah satunya disebabkan kurang pengetahuan mengenai pentingnya kebutuhan gizi seimbang, seperti asupan zat besi dalam makanan.

"Saat ini banyak remaja asupan makannya berantakan, asupan gizi tidak lengkap, misal proteinnya kurang juga tidak begitu suka makan sayur. Kebanyakan (makan)semaunya dan suka jajanan," urai Mbak Cicha, Rabu (14/8/2024).

Berkaca pada hal itu, Pemkab Kediri melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KB-P3A) menggencarkan acara edukasi gizi dan pencegahan anemia pada remaja putri.

Dalam acara yang digelar di SMA Negeri 1 Wates, Mbak Cicha menyarankan remaja untuk memenuhi asupan gizi seimbang dan mengandung asupan zat besi. Diantaranya dengan mengkonsunsi sayuran hijau termasuk buah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video