Pj Wali Kota Kediri Kunjungi Pelaku Usaha Tanaman Hias yang Berhasil Ekspor ke Mancanegara | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pj Wali Kota Kediri Kunjungi Pelaku Usaha Tanaman Hias yang Berhasil Ekspor ke Mancanegara

Editor: Novandryo
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 29 Agustus 2024 14:48 WIB

Pj Wali Kota Kediri Zanariah saat meninjau salah satu tempat pembudidayaan tanaman hias. (Ist)

KOTA KEDIRI,BANGSAONLINE.com - Pj Wali memberikan arahan kepada pelaku usaha tanaman hias di Kelurahan Singonegaran, Kamis (29/8/2024). 

Hal itu disampaikan saat meninjau proses pengiriman tanaman hias untuk diekspor yang ada pada perdagangan tanaman hias CV. Kokonat Indonesia.

"Senang sekali bisa berkunjung langsung ke tempat pionir di yakni Mbak Dara dari CV. Kokonat Indonesia. Mbak Dara ini sudah berhasil meng di kawasan Asia, Amerika, dan Eropa. Antara lain ke Singapura, Jepang, Chili, China, Taipei, Korea, Belanda, New Zeeland hingga Amerika Serikat," ujarnya.

mengatakan guna mendorong perluasan pasar pada sektor pertanian di Indonesia, sejak tahun 2021 pemerintah pusat melalui Kementrian Pertanian meluncurkan gerakan tiga kali ekspor. 

Melalui program ini diharapkan dapat mempercepat laju ekspor komoditas pertanian untuk mewujudkan ekosistem pertanian modern.

Sebagai wujud dukungan, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) telah menggelar serangkaian kegiatan mulai sosialisasi hingga pendampingan pada pelaku usaha potensial ekspor utamanya tanaman hias.

"Per bulannya bisa mengirim lebih dari 1.000 tanaman hias. Tadi sempat ngobrol ada beberapa tanaman hias yang jadi best seller.q Seperti philodendron, anthurium, syngonium, homalomena, dan scindapdus dracena," ungkapnya.

Pj Wali menjelaskan memiliki banyak sekali potensi untuk maju.

Selaras tema Hari Jadi tahun ini 'Merajut Asa Dalam Keharmonian, Satukan Tekad Menuju Globalisasi' maka komoditas tanaman hias ini perlu diangkat ke pasar global. 

Ditambah banyak peminat tanaman hias daerah tropis dari luar negeri. Lalu meningkatnya minat dari para kolektor tanaman hias dalam dan luar negeri serta tanaman tropis di Indonesia kurang bernilai justru mahal bila di luar negeri.

juga akan terus mendukung para pelaku usaha di untuk berkembang. 

"Saya mengapresiasi kegigihan Mbak Dara dan teman-teman pelaku usaha tanaman hias yang terus berusaha untuk mengeksplor kemampuannya menembus pasar luar negeri.

Semoga success story dari Mbak Dara ini bisa menginspirasi dan memotivasi para pegiat tanaman hias lain untuk mengikuti jejaknya," jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video