Tabrakan Dengan Program Daerah, Pemkot Mojokerto Kesulitan Gulirkan Kartu Sakti Jokowi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tabrakan Dengan Program Daerah, Pemkot Mojokerto Kesulitan Gulirkan Kartu Sakti Jokowi

Minggu, 30 Agustus 2015 21:43 WIB

Cholid Firdaus

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Tidak segera digulirkannya tiga "kartu sakti" Jokowi-JK di Kota Mojokerto akhirnya terjawab. Stake holder Pemkot setempat mengaku masih harus melakukan kajian mendalam terhadap pelaksanaan kartu Presiden RI yang dikhawatirkan bakal bertabrakan dengan tiga kebijakan serupa yang telah lama digelindingkan para Walikota Mojokerto.

Tiga program Pemkot Mojokerto di bidang pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan rakyat itu yakni program pendidikan gratis 12 tahun melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Total Coverage bagi mereka yang tidak terlayani dalam Program BPJS Kesehatan dan berbagai giat Kesra.

Ini belum ditunjang dengan adanya Program Jalin Kesra (Jalan Lain Menuju Kesejahteraan) Pemprov Jatim yang menyasar Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM). Target kebijakan Gubernur Soekarwo itu yakni membagi bantuan kepada dua kategori, yakni usia produktif dan usia non produktif. Untuk usia produktif diberi bantuan senilai Rp 2,5 juta tapi berupa barang atau hewan (seperti becak, gerobak jualan, sepeda sayur, peralatan pertukangan, mesin giling. Untuk usia non produktif diberikan bantuan berupa beras 20 kg dan uang sebesar Rp 150 ribu tiap bulan selama setahun.

"Kita masih mengkaji program kartu-kartu (Jokowi-JK) ini karena di sini program serupa sudah berjalan," kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Mojokerto, Sri Mudjiwati, Minggu (30/8).

Dihubungi via telpeon, mantan direktur RSUD setempat ini mengaku tengah berada di Jakarta untuk mendengar pemaparan sejumlah kementerian terkait dengan pelaksanaan tiga kartu sakti Presiden. "Ini saya masih di Jakarta rapat soal kartu ini," ujarnya.

Sekedar diketahui, pemerintah kini gencar meluncurkan tiga "kartu sakti" program unggulan Jokowi, yakni Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Sejumlah daerah di Indonesia bahkan sudah melaksanakannya sejak awal bulan masa pemeritahan mantan walikota Solo. Namun tidak demikian dengan dua pemerintahan di Mojokerto.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   pemkot mojokerto

Berita Terkait

Bangsaonline Video