Tarung Rotan, Tradisi Tarung Ujung Desa Banjaragung Jombang yang Mulai Terkikis | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tarung Rotan, Tradisi Tarung Ujung Desa Banjaragung Jombang yang Mulai Terkikis

Senin, 28 September 2015 20:49 WIB

SERU: Dua petarung rotan saat berlaga. foto: rony suhartomo/BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sebuah tradisi lama berupa pertarungan dengan dua warga bersenjatakan cambuk yang disebut tradisi ujung masih bisa ditemui di Kabupaten , tepatnya di Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, sebagaimana yang digelar Senin (28/09/2015).

Di atas panggung, dua petarung ujung yang bertelanjang dada, secara bergantian menyabetkan cambuk rotannya ke arah lawan. Mereka berusaha saling mengenai badan lawan yang bertelanjang dada, dan berusaha menangkis sabetan cambuk lawan masing-masing.

Meski duel ujung ini berisiko luka di badan, mereka yang terlibat dalam laga ujung ini mengaku rela menjadi petarung demi melestarikan seni tradisi turun-temurun.

Mardikun, salah satu petarung ujung mengatakan, naik panggung baginya sudah menjadi ‘hobi’. Setiap laga ujung digelar, ia tak pernah absen. “Sudah sejak 15 tahun lalu saya terlibat jadi petarung ujung,” tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Jombang budaya

Berita Terkait

Bangsaonline Video