Tanggul Longsor, Rumah Warga di Desa Perning Mojokerto Terancam Hanyut | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tanggul Longsor, Rumah Warga di Desa Perning Mojokerto Terancam Hanyut

Senin, 01 Februari 2016 00:29 WIB

RENTAN: Kondisi rumah Misnan yang menggantung di tepi sungai lantaran plengsengan sungai terus digerus air. foto: gunadhi/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Rumah Misnan di Dusun/Desa Perning, Kecamatan Jetis, Kabupaten terancam hanyut oleh arus sungai yang terletak persis di sebelahnya. Penyebabnya adalah plengsengan penahan tebing Sungai Patusan itu ambrol akibat gerusan arus deras karena tingginya debit air belakangan.

Rumah penjual roti ini benar-benar rentan, tampak sudah nyaris menggantung di bibir sungai. Tanah yang berada di sebelahnya hampir tak bersisa. Pemkab sendiri yang sudah dilapori tentang kondisi ini sejauh ini belum ditindaklanjuti. Sayangnya, Misnan sejak kemarin sedang tak berada di rumah. Menurut Sarno, tetangganya, lelaki yang sehari-hari berjualan roti ini sudah sejak semalam meninggalkan rumah.

“Saya tidak tahu kemana, tapi sejak semalam Misnan pergi,” ungkap Sarno.

Ia mengaku tidak mengetahui alasan Misnan pergi meninggalkan rumahnya. “Entah karena mengungsi atau pergi ke rumah anaknya, saya tidak tahu,” akunya.

Sarno juga mengungkapkan, ambrolnya plengsengan di tepi sungai sudah terjadi sejak empat bulan terakhir. Derasnya arus sungai, apalagi di musim penghujan menggerus tanah di sekitarnya. Rumah Misnan yang berjarak sekitar 20 meter dari bibir sungai harus menjadi korban.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Mojokerto

Berita Terkait

Bangsaonline Video