Dinkes Gresik Mulai Sidak Supermarket, Periksa Parcel | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dinkes Gresik Mulai Sidak Supermarket, Periksa Parcel

Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Selasa, 07 Juni 2016 17:18 WIB

Plt Kadinkes, Nurul Dholam saat memeriksa parcel di supermarket Sarikat Jaya. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Memasuki hari kedua bulan Ramadan 1437 H, Dinkes (Dinas Kesehatan) dan beberapa SKPD terkait mulai melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke supermarket-supermarket di Gresik. Kali ini, ada dua supermarket yang disidak, masing-masing Sarikat Jaya dan Hypermart, Selasa (7/6).

Di dua supermarket tersebut, rombongan Dinas Kesehatan yang dipimpin oleh plt Kadinkes dr. M. Nurul Dholam memeriksa makanan dan minuman (mamin) serta parcel lebaran. Hasilnya, petugas menemukan mamin yang tidak layak jual, misalnya kadaluarsa, tidak sesuai izin edar serta barang rusak karena kemasannya tidak layak.

Beberapa temuan di dua supermarket tersebut yaitu, makanan curah yang tidak tercantum tanggal kadaluarsa, kaleng susu yang pesok serta beberapa makanan dalam kemasan karton yang terkoyak.

Beberapa temuan lain yakni, adanya minuman serbuk yang hanya berizin kode pangan insdustri rumah tangga (PIRT) tapi mencantumkan khasiat. “Sesuai ketentuan hal ini tidak boleh, seperti produk ini,” ujar Nurul Dholam.

Produk lain yang juga menyalahi, yaitu produk yang mencantumkan tulisan ’tanpa bahan pengawet’ tapi tidak mencantumkan kode dan tanggal produksi maupun tanggal kadaluarsa. Barang-barang tersebut kemudian direkomendasikan untuk tidak dijual.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   razia gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video