Menang Voting, Bidang Kebudayaan Dipisah dari Dinas Pendidikan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Menang Voting, Bidang Kebudayaan Dipisah dari Dinas Pendidikan

Selasa, 11 Oktober 2016 23:40 WIB

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Pembahasan enam rancangan peraturan daerah (raperda), mulai digarap Panitia Khusus DPRD Jember. Yang menarik, soal pembahasan pembentukan dan susunan perangkat daerah (dikenal SOTK). Bahkan, Pansus kemarin harus voting untuk membahas bidang kebudayaan.

Dalam rapat pansus itu, kelompok yang menginginkan dinas kebudayaan dipisah dari dinas pendidikan, menang voting dengan sembilan suara. Sementara untuk kelompok yang menginginkan kebudayaan tetap bersama dinas pendidikan, kalah dengan tujuh suara. Sehingga,.sementara dinas kebudayaan akan dipisah dengan Dispendik dan akan dicarikan dinas serumpun. Kemungkinannya, akan bersama dinas pariwisata atau pemuda olahraga.

Perbedaan pendapat sengit ini, terjadi saat awal pembahasan. Yudi Hartono, legislator Partai Golkar, lebih sepakat jika kebudayaan dipisahkan dengan dinas pendidikan. “Sesuai dengan RPJMD Jember 2016-2021, visi misi dan outputnya jelas, yakni kebudayaan untuk mendukung pariwisata,” ucapnya.

Hal senada disampaikan oleh Bukri, dari PDI Perjuangan. Dia mengatakan sempat ada perkataan jika bupati berniat menumbuhkan kebudayaan di masing-masing kecamatan dan desa. Selain itu, juga sudah mulai ada pemetaan desa dengan keunggulan kebudayaannya masing-masing. “Jadi budaya ini dijual untuk mendukung paket pariwisata,” jelasnya.

Dengan harapan, kebudayaan di Jember bisa bergerak bebas dan semakin berkembang. Sehingga, budaya akan lebih pas jika disandingkan dengan pariwisata. Apalagi, untuk dua urusan ini dianggapnya juga masih serumpun.

Ayub junaidi, pimpinan Pansus, juga memiliki pemikiran yang sama. “Tugas dinas pendidikan ini nantinya berat. Apalagi juga ada pendidikan gratis,” jelasnya. Sehingga akan lebih pas jika dipisahkan. Dia mengatakan, untuk kebudayaan dengan pandhalungannya, bupati sepertinya memang dalam RPJMD, mengarahkan kebudayaan untuk pariwisata.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video