Banjir Luapan Kali Sadar Sentuh 3 Kecamatan, Warga Mulai Krisis Air Bersih dan Gatal-gatal | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Banjir Luapan Kali Sadar Sentuh 3 Kecamatan, Warga Mulai Krisis Air Bersih dan Gatal-gatal

Selasa, 21 Februari 2017 16:17 WIB

Banjir yang melanda Kota Mojokerto tak ada tanda-tanda surut, justru meluas. foto: YUDI EP/ BANGSAONLINE

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Banjir di Kota Mojokerto akibat luapan Sungai Sadar belum ada tanda-tanda segera surut. Genangan air justru meluas masuk ke dalam kota, akibat meningginya curah hujan, Senin (20/2) malam.

Tiga wilayah kecamatan yang ada, yakni Kecamatan Magersari, Kranggan dan Kecamatan Prajuritkulon turut terendam air sungai yang membelah kawasan ini dengan ketinggian bervariasi antara 20-60 cm. Krisis air bersih dan penyakit gatal-gatal mulai mengancam warga yang berada di lokasi bencana.

Pemerintah setempat telah melakukan sejumlah langkah taktis. Yakni menerjunkan Search and Rescue (SAR), tim medis dan mengirimkan bantuan makanan dan air bersih.

"Kita telah mendistribusikan bantuan makanan di daerah paling parah, yaitu Gunung Gedangan dan Meri, Kecamatan Magersari. Personil Tagana, Satpol, Linmas juga telah stand by di lokasi untuk membantu warga," terang Kabag Humas Pemkot Mojokerto, Heryana Dodik, Selasa (21/2).

Pada hari kedua lalu, Wali Kota telah menginstruksikan Kadinsos untuk mengirim bantuan kepada masyarakat di daerah banjir. Bantuan berupa mie instan, gula dan kopi disebar oleh petugas dilapangan.

Pagi tadi, pemegang otoritas setempat langsung menggelar rapat terbatas untuk mengendalikan air tidak meluas. Rapat yang dilangsungkan di ruang Nusantara Balai Kota Rapat diikuti sejumlah kepala SKPD, seperti Plh. Kasatpol, Kadinsos, Kadinkes, kepala DPPKA, kepala Bappeko, para Camat serta Lurah.

"Atas arahan Wali Kota dilaksanakan pemompaan air di masing-masing rumah pompa, pembuatan dapur umum dengan lokasi Benteng Pancasila, jalan Bypass. Tim medis juga disiagakan di Puskesmas Meri yang ikut peta berdampak," jelasnya.

Dalam siaran persnya, Dodik menyatakan banjir terjadi di Lingkungan Meri, Perum Meri, Gunung Gedangan di daerah Kuti, Kedungsari, Keboan, Miji Baru, Asrama Polisi, Kranggan, Ngaglik, Suratan, Gatoel, Surodinawan, Perumdam, Murukan dan Pulorejo.

Banjir yang merendam Kota Mojokerto merendam ribuan rumah penduduk tergenang dan melumpuhkan aktivitas pendidikan di tujuh sekolah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video