Kepada Watimpres, Gus Ipul Beberkan Kasus Kerukunan Beragama di Jatim | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kepada Watimpres, Gus Ipul Beberkan Kasus Kerukunan Beragama di Jatim

Editor: rosihan c anwar
Wartawan: nisa
Kamis, 17 Juli 2014 22:12 WIB

Gus Ipul Serahkan Plakat Cinderamata Jatim Kepada Ketua Wantimpres Bidang Urusan Agama Dr KH Maaruf Amin. foto:nisa/bangsaonline


SURABAYA (bangsaonline) - Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf () menerima kunjungan Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Bidang Hubungan Antar Agama dan Forum Kerukunan Uman Beragama (FKUB) di Ruang Kertanegara Kantor Gubernur Jatim, Kamis (17/7).

Kepada rombongan ini, mengatakan, saat ini diperlukan adanya regulasi atau payung hukum yang lebih jelas tentang kerukunan beragama agar semua agama mendapatkan perlindungan yang pasti dari negara.

“Di Jatim, saat ini secara umum kerukunan beragama sudah cukup baik. Namun, jika tidak ditingkatkan akan tetap muncul konflik atau ketegangan baik internal maupun antar umat beragama,” ujar .

Permasalahan Sampang, menurutnya, adalah pelajaran berharga bagi Pemprov Jatim. Tetapi permasalahan tersebut adalah gambaran kondisi obyektif tentang kerukunan beragama yang pernah terjadi di Jatim. “Masalah Syi’ah di Sampang telah menjadi sorotan internasional, bahkan UNESCO sempat membuat tenda disana. Padahal masalah itu adalah hal kecil jika dibandingkan konflik agama di negara-negara lain. Pemprov Jatim sudah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang larangan aktifitas Ahmadiyah. Peraturan itu tidak melarang Ahmadiyah tetapi hanya aktifitasnya saja yang harus dibatasi,” paparnya.

Kerukunan beragama, lanjutnya, harus terus disuarakan melalui tokoh-tokoh agama maupun umat beragama itu sendiri. Pemerintah juga terus melakukan dialog intensif dengan seluruh tokoh agama dan pihak yang berkepentingan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Gus Ipul

Berita Terkait

Bangsaonline Video