Kekeringan Landa 16 Desa di Kabupaten Blitar, BPBD Dropping Air Bersih | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kekeringan Landa 16 Desa di Kabupaten Blitar, BPBD Dropping Air Bersih

Wartawan: Akina Nur Al Ana
Kamis, 07 September 2017 18:55 WIB

Sejumlah warga antre mendapatkan air bersih yang didistribusikan BPBD Kabupaten Blitar dibantu sejumlah petugas kepolisian. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dampak kemarau mengakibatkan sedikitnya 16 desa di wilayah selatan Kabupaten mulai dilanda kekeringan. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten , dalam dua bulan terakhir, warga 16 desa yang tersebar di lima kecamatan di antaranya Wates, Binangun, Panggungrejo, Bakung, dan Wonotirto mulai kesulitan mendapatkan air.

Diungkapkan Bupati , Rijanto, untuk mengatasi dampak kekeringan itu, pihaknya mulai melakukan dropping air bersih ke desa-desa yang mengalami kekeringan. Utamanya desa yang tahun ini terdampak kekeringan cukup parah, yaitu Desa Ngeni, Kecamatan Wonotirto.

Di daerah tersebut,  saat ini sumur dan mata air yang biasanya digunakan sebagai sumber air sudah mulai mengering. Sehingga warga harus mengantre mendapatkan air bersih untuk kebutuhan konsumsi dari satu-satunya sumber air yang ada di sana.

"Saat ini adalah puncak musim kemarau, untuk itu kita dibantu dari petugas Polres dan BPBD melakukan dropping air bersih untuk kebutuhan warga yang membutuhkan. Sebenarnya ada 16 desa di Kabupaten yang terdampak kekeringan. Namun yang pertama kita dropping di desa yang dampaknya paling parah," jelas Rijanto kepada wartawan, Kamis (7/9).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video