Terkait Video Klip Via Vallen di Pendopo, Tim Hukum Khofifah-Emil Apresiasi Langkah Tegas Panwaslu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Terkait Video Klip Via Vallen di Pendopo, Tim Hukum Khofifah-Emil Apresiasi Langkah Tegas Panwaslu

Wartawan: M Didi Rosadi
Kamis, 25 Januari 2018 00:32 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kegiatan syuting video klip kampanye Gus Ipul-Puti Guntur berjudul Kabeh Sedulur Kabeh Makmur sontak menjadi perhatian masyarakat luas. Bukan karena lagu itu dinyanyikan Via Vallen, ratu dangdut koplo yang sedang populer saat ini. Tapi karena lokasi syuting video klip tersebut dilakukan di komplek Pendapa Delta Nugraha yang merupakan pendopo Kabupaten Sidoarjo. Hal itu jelas memicu kontroversi karena penggunaan fasilitas negara untuk kampanye politik tidak dibenarkan. 

Terkait hal itu, Koordinator Tim Hukum Pemenangan Khofifah-Emil Hadi Mulyo Utomo mengapresiasi langkah cepat, tegas, dan terukur dari Panitia Pengawas Pemilu (panwaslu) Kabupaten Sidoarjo yang langsung melayangkan surat teguran ke Bupati Sidoarjo. Menurut Hadi, keputusan Panwaslu meminta syuting video klip itu tidak dilanjutkan juga sudah tepat karena masuk ranah etik.

"Tetapi bila hasil syuting video klip itu dipublikasikan saat masa kampanye tentu masuk ranah pidana dan kami pasti akan menyikapinya secara tegas. Sebab, melanggar ketentuan pasal 68 huruf H juncto pasal 74 ayat 1 peraturan KPU No. 4 Tahun 2017 tentang pedoman kampanye," ujar Hadi Mulyo Utomo, Rabu (24/1).

Alumni pasca sarjana Fakultas Hukum Unair ini mengingatkan kepada seluruh kepala daerah, tak terkecuali di Sidoarjo untuk memberikan teladan dengan bersikap netral. Di antaranya dengan tidak menyalahgunakan jabatan, kewenangan pemerintahan sebagai pejabat publik untuk kepentingan kampanye. Sehingga imbauan dan peringatan ini, diharapkan bisa menciptakan proses demokrasi yg terhormat dan fair, tanpa nuansa kecurangan.

"Standar aturan ini tidak hanya diimbau untuk dipatuhi lawan, tetapi kami juga wajibkan untuk tim internal kami," ujar Hadi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pilgub Jatim 2018

Berita Terkait

Bangsaonline Video