​Sesepuh Dalang Jatim Minta Emil Berdayakan Dalang Lokal | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Sesepuh Dalang Jatim Minta Emil Berdayakan Dalang Lokal

Wartawan: M Didi Rosadi
Minggu, 04 Februari 2018 19:10 WIB

Ki Sukron Suwondo, sesepuh Pepadi Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sesepuh Persatuan Dalang Indonesia (Pepadi) Jawa Timur Ki Sukron Suwondo berharap agar Emil Elestianto Dardak yang kini maju sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur benar-benar memikirkan kemajuan dan kiprah para dalang di daerah ini dengan memberikan porsi yang memadai dalam berbagai pagelaran.

Menurut dalang kondang asal Blitar ini, memberi ruang lebih bagi dalang-dalang lokal untuk berkiprah dalam lingkup Jawa Timur sudah cukup dianggap membantu pengembangan seni pertunjukan dan adiluhung itu.

"Pemimpin daerah tak perlu paham misalnya apa dan bagaimana wayang itu, yang penting punya keberpihakan yang jelaa kepada kelompok wayang yang ada di daerah ini," ujar Ki Suwondo ditemui di kediamannya di Desa Purworejo, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar, kemarin.

Lantas apa yabg dimaksud memberikan porsi pada kiprah dalang lokal? "Ya misalnya, jika ada pertunjukan atau pementasan wayang di Jawa Timur bisa diberdayakan dalang dari Jatim sendiri", imbuh sesepuh tokoh budaya Jatim itu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video