Bencana Kekeringan dan Penanggulangan Banjir Menjadi Atensi Pemkab Pacitan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bencana Kekeringan dan Penanggulangan Banjir Menjadi Atensi Pemkab Pacitan

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Rabu, 16 Oktober 2019 10:48 WIB

Yudo Tri Kuncoro, Kabid Pengelolaan Sumber Daya Air Dinas PUPR Pacitan. (foto: Yuniardi Sutondo/BO)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Bencana kekeringan masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Pacitan. Di samping bencana banjir dan tanah longsor yang juga mulai mengintai seiring akan datangnya musim penghujan di penghujung tahun nanti.

Terkait hal tersebut, pemkab setempat tengah mempersiapkan sejumlah langkah guna melakukan tindakan kedaruratan dan antisipasi terjadinya segala risiko bencana. Salah satunya dengan optimalisasi sumur bor dalam dengan penerapan teknologi solar cell untuk membantu distribusi air bersih saat kemarau.

Kabid Pengelolaan Sumberdaya Air Dinas PUPR Pacitan, Yudo Tri Kuncoro mengatakan sudah ada 62 titik sumur bor dalam di Pacitan. Dari jumlah tersebut, 20 di antaranya berfungsi baik dan 42 di antaranya memang tidak befungsi secara optimal.

"Tidak berfungsinya puluhan sumur bor tersebut karena operasional pemeliharaan yang mahal. Selain itu di kawasan sekitar sudah terjangkau PDAM dan Pamsimas. Selain itu, ada yang debit sumunya kecil dan airnya bau. Serta ada juga yang mesin generatornya hilang," kata Yudo saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (16/10).

Karena itu saat kunjungan bencana beberapa waktu lalu, lanjut dia, Bupati Indartato menginginkan adanya win-win solution dengan penerapan tenaga solar cell untuk menggerakkan generator.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video