Rumahnya Hancur Dihantam Puting Beliung, Keluarga di Jember Tinggal di Bekas Kandang Sapi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Rumahnya Hancur Dihantam Puting Beliung, Keluarga di Jember Tinggal di Bekas Kandang Sapi

Editor: Tim
Wartawan: Yudi
Sabtu, 11 April 2020 14:42 WIB

Abdul Rasyid menunjukkan bekas kandang sapi yang kini dijadikannya tempat tinggal. Tampak gentengnya dilapisi terpal karena sudah banyak yang bocor.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Sebulan sudah Abdul Rasyid (60) tinggal di bekas kandang sapi di Dusun Sumberwaru, Desa Sumberkalong, Kecamatan Kalisat. Rasyid bersama keluarganya terpaksa hidup dalam kondisi memprihatinkan seperti itu, setelah sekitar sebulan yang lalu rumahnya dihantam puting beliung.

"Sekitar sebulan lalu rumah saya hancur kena hujan disertai angin puting beliung. Kejadiannya sekitar jam 5 sore. Beruntung saya dan keluarga selamat. Sejak saat itu, saya dan keluarga tinggal di bekas kandang sapi yang ada di belakang rumah," tutur Rasyid saat ditemui di bekas kandang sapi yang kini ditempatinya, Sabtu (11/4/2020) pagi.

Rasyid menerangkan, bekas kandang sapi yang kini ditempati keluarganya itu, berukuran sekitar 5 x 3 meter. Dindingnya terbuat dari anyaman bambu yang terlihat banyak lubang di sana sini. Bangunan itu juga tak memiliki pintu.

"Ya seperti ini kondisinya. Namanya juga bekas kandang sapi. Saya dulu memang pernah punya sapi. Sudah saya jual untuk membangun rumah. Tapi sekarang rumahnya malah roboh," ungkap pria yang bekerja serabutan sebagai buruh tani dan kuli bangunan itu.

Karena ukurannya hanya 5 meter x 3 meter, bekas kandang sapi yang ditempati keluarga Rasyid hanya cukup untuk tempat tidur dan dapur. Sebuah tungku tempat memasak jadi satu dengan sebuah dipan beralas kasur.

"Ya memasak, ya tidur, sudah jadi satu. Dipannya untuk tidur kami berempat," kata pria ini.

Yang membuat Rasyid nelangsa, akhir-akhir ini sering diguyur hujan. Bahkan hampir tiap hari. Air sering masuk ke bekas kandang sapi yang dia tempati. Meski genting atap rumah sudah dia lapisi plastik.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video