Pagelaran Seni, Tanam Pohon, Hingga Tabur Benih Ikan Meriahkan Festival Mojotirto 2022

Pagelaran Seni, Tanam Pohon, Hingga Tabur Benih Ikan Meriahkan Festival Mojotirto 2022 Prosesi penyatuan air ke Sungai Ngotok sebagai ritual wujud syukur masyarakat Kota Mojokerto dalam Festival Mojotirto 2022, Selasa (22/3/22).

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Mojotirto Festival kembali digelar, Selasa (22/3/22). Festival ini diselenggarakan untuk memperingati . Festival ini mengusung tajuk 2022.

Beberapa pagelaran seni dan tari ditampilkan dalam festival tahunan ini. Di antaranya terdiri dari kirab budaya yang terdiri dari penari Putri Kusumo, prajurit bregodo, dan prajurit masyarakat.

Di samping itu, ditampilkan pula hiburan seperti tari bedoyo, permainan tradisional, liang liong ikan, serta tari jurit sandi. Hal menarik lainnya yaitu adanya pagelaran permainan tradisional seperti dakon, lompat tali, sonda, dan lain-lain.

Wali , Ika Puspitasari mengatakan bahwa festival ini sebagai bentuk syukur masyarakat . Kota terkecil yang dialiri 3 sungai ini, mulai Sungai Ngotok, Sungai Sadar, dan Sungai Brantas, selama ini tidak memiliki bencana alam berarti akibat luapan sungai.

"Kami selalu memiliki air sepanjang tahun dan Mojokerto tidak pernah mengalami banjir akibat meluapnya sungai-sungai yang melintasi Kota kami. Maka, rasa syukur itu kami wujudkan dalam bentuk penyatuan, kolaborasi, sinergi, seluruh elemen masyarakat untuk menyelenggarakan Festival Mojotirto," ujar Ika Puspitasari.

Selain itu, Ika menyampaikan bahwa telah menanam puluhan ribu pohon jeruk di sepanjang bantaran dan menabur benih ikan ke Sungai Ngotok.

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO